Menjadi Referensi Mendunia

Jokowi Unggul 85 Persen di Selandia Baru, PSI 37 Persen

IBC, JAKARTA – Pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019 di Selandia Baru telah usai, berlangsung tertib, lancar dan aman pada 13 April 2019 yang lalu. Selanjutnya penghitungan suara telah dilakukan pada tanggal 17 April 2019 secara serentak dengan Indonesia. Kertas suara yang dihitung dari dua (2) TPS yaitu Wellington dan Auckland serta dari Pos.

Warga Negara Indonesia di Selandia Baru sangat antusias mengikuti perhelatan akbar tersebut. Begitu juga dengan penghitungan suara yang langsung disiarkan live streaming melalui Fanspage Faceebook PPLN Wellington.

Duba Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dan Ibu, serta jajaran staf KBRI Wellington juga turut hadir menyaksikan penghitungan suara yang dimulai pukul 06.00 sore waktu setempat.

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dan Istri, Menghadiri Penghitungan Suara, Rabu, (17/4/2019). Foto: KBRI Selandia Baru.

Dari hasil penghitungan suara untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 01 unggul melesat jauh dengan perolehan suara 85 persen, atau 2085 suara. Sedangkan paslon Nomor urut 02, Prabowo-Sandi mendapatkan 312 suara (13%), dan 44 suara tidak sah (2%).

Sementara itu untuk pemilihan legislatif suara terbesar di peroleh oleh PSI 37,82 persen, berada diurutan kedua PDI-P memperoleh 37,38 persen, disusul oleh PKS dengan persentasi 7,30%, Gerindra 3,44%, Nasdem 2,99%, Golkar 2,86% dan PKB 2,59%.

Sedangkan partai lainnya, PAN, Demokrat, Perindo, PPP, Hanura, PBB dan PKPI memperoleh suara di bawah 2%.

Antusiasme yang ditunjukkan masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu menunjukkan optimisme dan harapan besar terhadap masa depan Indonesia lebih baik, maju dan sejahtera.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada seluruh Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri Selandia Baru dan KPPSLN yang telah bekerja dengan jujur dan profesional sehingga pemilu di Selandia Baru berjalan dengan lancar, tertib, aman dan meriah.

Demikian disampaikan keterangan tertulis KBRI Wellington, Selandia Baru tersebut yang diterima redaksi di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Editor : DR

Komentar
Loading...