IBC, JAKARTA – Pesta demokrasi telah usai, Rabu, 17 April 2019, baik dalam dan luar negeri, berbagai upaya petugas KPPS menyuguhkan cara-cara yang unik, dari menggunakan pakaian adat sampai dengan custom-custom super hero demi menarik perhatian warga datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.

Setidaknya ada beberapa catatan Indonesia Berita yang dihimpun dari berbagai sumber kejadian-kejadian unik pasca pencoblosan 17 April 2019, pertama ributnya suami istri yang berbeda pilihan paslon presiden dan wakil presiden.

Begini ceritanya, sang suami meminta kepada istrinya agar memilih salah satu paslon sesuai keinginannya, namun sang istri membantah permintaan suaminya, yang menyulut emosi suaminya sebagai kepala keluarga. Hal tersebut memicu pertengkaran sengit. Kejadian itu untung segera diatasi oleh Ketua Rukun Tetangga setempat.

Berbeda di Kabupaten Tangerang, Banten, kejadian di Sumatera Barat, seorang pria menghancurkan televisinya dengan cara membanting dan menginjak-ijaknya serta memasukkan televisi tak berdosa itu kedalam lemari karena paslon yang ia jagokan kalah versi hitungan cepat.

Ketiga, viral di media sosial petugas KPPS terlihat sedang melakukan penghitungan suara dengan membuka kertas suara sambil memperlihatkan kepada warga diiringi lantunan suara seperti orang yang sedang berdoa atau mengaji. Suaranya mengayun menyebut, “Jokoowiiiiiiiiiiiii,” ujar petugas, dijawab warga dengan, “aaaaammiiiiiiiiiin,” begitu juga ketika petugas menyebut Prabowo, dijawab dengan, “uuuunooooooo,” ujar warga penuh keharmonisan dan kekompakan dalam video viral beberapa hari yang lalu.

Lain di Tangerang, lain di Sumbar, kejadian unik lainnya terjadi juga di Sulawesi Tenggara, seorang wanita sambil menangis menyaksikan penghitungan suara di TPS-nya, sebab menurut salah satu sumber mengatakan, ia sedih dan menangis terisak-isak seperti anak kecil karena jagoannya Capres/Cawapresnya kalah.

Ada juga seorang petugas KPPS karena ngantuk minum tinta yang ia kira kopi, akibat hal itu petugas tersebut dibawa oleh seorang TNI untuk berobat ke dokter.

Kejadian lucu lainnya adalah anak-anak kecil yang sudah mulai bermain ‘Siap Presiden’. Bahkan orang dewasa pun ikut berguyon mengucapkan sambil memberikan hormat kepada temannya, “Siap Presiden,” ucap seorang Ibu sambil tersenyum.

Secara menyeluruh tentunya KPU berhasil menyelenggara pemilu 2019, secara siginifikan tidak ada persoalan yang berarti sehingga dapat dikatakan sukses.

Editor : DR