IBC, LANGSA – Kasdim 0104/Aceh Timur beserta segenap Perwira Stafnya menggelar pembinaan mental untuk menunjang tugas pokok dalam meningkatkan profesionalisme kerja para Babinsa Kodim 0104/Aceh Timur dalam melaksanakan tugas di wilayah binaan yang bertempat di Aula Garasi Makodim 0104/Atim, Jum’at (26/4/2019).

“Saat itu sebagai aparat Komando Kewilayahan di satuan terkecil yakni di jajaran Koramil haruslah meresapi serta aplikasikan secara penuh dengan tanggung jawab untuk mencapai tujuan yang maksimal dari harapan satuan Komando Atas.” tegas Kasdim 0104/Aceh Timur Mayor Inf Abdul Muthalib Tallasa .

Mengapa hal demikian? jawabannya karena pengawalan dalam setiap kegiatan adalah kita mesti tahu siapa kita dan harus berbuat apa sesuai Job Discription yang menjadi acuan.

“Sehingga tetap berjalan di atas koridor masing masing personel.” imbuh Abdul Muthalib.

Muthalib juga meminta agar para Babinsa sebagai ujung tombak Kodim di Desa-desa wilayah binaan Kodim 0104/Atim dmana Babinsa itu sama dengan mata dan telinga ke duanya Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis.

“Rakyat merupakan potensi pertahanan dan ketahanan negara, oleh karena itu selalu manunggalah dengan Rakyat sehingga menjadi kekuatan yang tak bisa dipisahkan dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Mayor Inf Muthalib.

Adapun himbuan dari para perwira staf mulai dari Seksi Intelijen, Operasi, Personel, Logistik hingga Teritorial adalah pelaksanaan tugas pokok itu berhasil di laksanakan ketika seluruh Babinsa dapat memahami serta iklas menjalankan tugas itu sesuai petunjuk yang telah diberikan dari pucuk pimpinan lewat media telepon ataupun bentuk surat kesatuan jajaran Koramil.

“Pasalnya tanpa adanya rasa peka akan penguasaan tugas dan tanggung jawab itu akan menghasilkan kenihilan target, hindari rasa apatisme terhadap beban kerja yang di sandang kita bersama.” ungkap mereka.

Menurut salah satu Perwira Staf yakni Pasiter 0104/Atim Kapten Inf Meswanto kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan menurut mereka merupakan kegiatan rutin untuk merefresh para aparat Babinsa agar dapat memahami tugas pokoknya di kewilayahan, selain itu juga untuk menyesuaikan dengan fenomena yang sedang berkembang di kewilayahan.

“Selain itu juga ada penekanan bahwa aparat kewilayahan harus paham tentang kondisi masyarakat binaanya, harus hadir di tengah masyarakat untuk terjun langsung berperanserta membantu kesulitan masyarakat, yang kemudian melaporkan ke Danramil untuk di teruskan ke Dandim 0104/Atim dalam mendapatkan solusi, petunjuk dan arahan selanjutnya.” tutup Meswanto.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar yang dihadiri oleh para Danramil jajaran Kodim 0104/Atim, segenap Perwira Staf Kodim 0104/Atim dan anggotanya serta di penuhi oleh personel Babinsa jajaran Kodim 0104/Atim.

Penulis : Iqbal

Editor : YES