IBC, TALAUD – Usai melaksanakan Upacara Pembukaan Corpat Philindo 2019 yang bertempat di Ballroom Pinnacle Hotel Davao, Philipina, Jumat 3 Mei 2019 kemarin.

Danlantamal VIII Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, beserta rombongan bertolak dari Davao menuju Bandar Udara Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggunakan pesawat udara CN-235 MPA P-8304 dan tiba di Melonguane, pada Sabtu (4/5/2019) pukul 10.40 Wita.

Ikut dalam rombongan, Kolonel Laut (P) Joni Sudianto, Kolonel Laut (P) M. Syamsuddin, Kolonel Laut (E) Ir. Arnoldus Triono, Mayor Laut (P) Farid Ardiansyah, dan Kapten Laut (P) Salus Yustian Harin P.

Di Bandara Melonguane, Danlantamal beserta rombongan disambut secara resmi oleh Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba, para Perwira Staf dan Anggota Lanal Melonguane, Ketua Jalasenastri Lanal Melonguane Ny. dr. Legawati Siringoringo, SP THT KL bersama pengurus.

Tampak hadir pula dalam penjemputan tersebut, para Pejabat Eselon II, III, IV di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Petinggi TNI-Polri dan jajaran, serta pejabat lainnya.

Kedatangan Perwira berpangkat satu bintang ini, diterima secara adat oleh Pentua adat setempat, menerima pengalungan bunga, dan disambut dengan tarian adat Bara’a.

Rombongan pun sempat berbincang-bincang dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange di ruang tunggu VIP Bandara Melonguane sebelum akhirnya bertolak ke Mako Lanal Melonguane.

Setibanya di Mako Lanal Melonguane, Danlantamal pun langsung meninjau Sarana Prasana (Sarpras) yang ada, dan memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit TNI AL yang bertugas di ujung utara Indonesia ini.

Kepada awak media, Danlantamal berkata bahwa kunjungan kerja ini adalah suatu hal yang luar biasa, semenjak dirinya menjabat sebagai Danlantamal sejak Oktober lalu.

“Sebetulnya kalau terpukau, saya berusaha untuk melihat dari sini, ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Saya kan sudah menjabat dari Bulan Oktober, baru sekarang saya baru bisa kesini,” kata Perwira yang pernah menjadi Komandan KRI Dewa Ruci tahun 2000 an ini.

Dikatakannya, sudah lama ia ingin ke Talaud tetapi terkendala dengan kondisi cuaca serta waktu yang belum tepat.

“Jujur, ini kan tempatnya jauh sekali, sejak Oktober saya masuk sebagai Komandan Lantamal. Itu kan selama Ber (Oktober – red), ber (November – red), ber (Desember – red), kan cuacanya gak mungkin untuk kesini,” ucapnya sembari bercanda dengan wartawan.

Secara singkat, mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) ini menjelaskan, tujuannya ke Talaud selain untuk melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) dengan Prajurit TNI AL di wilayah perbatasan, Ia juga ingin memastikan dan memonitoring hal apa saja yang sudah dilakukan Prajuritnya dan mengecek sarana prasarana penunjang yang ada di Mako Lanal Melonguane.

“Kebetulan sekarang saya bawah satu kapal, dan satu pesawat. Kebetulan saya juga sebagai Komandan satuan tugas Coordinator Patrol dengan Philipina. Saya kesini, sekaligus tadi sudah keliling pengamanan, saya lihat kondisinya, saya foto udara, dan saya melihat bahwa ini tempat yang bagus sekali kalau masyarakat mau membuat tempat ini menjadi bagus, tergantung masyarakat dan bantu sama kita-kita,” pungkas Danlantamal.

Editor : YES