Menjadi Referensi Mendunia

Liverpool ke Final Liga Champions Setelah Bungkam Barcelona 4-0

IBC, JAKARTA – Liverpool bungkam Barcelona 4-0 di leg 2 Liga Champions 2018/2019 yang berlangsung di Anfield, Rabu (8/5/2019) dinihari WIB.

Keempat gol Liverpool dicetak Divock Origi dan Wijnaldum masing-masing 2 gol yang membuat Liverpool unggul aggregat 4-3 atas Barcelona.

Jurgen Klopp melakukan rotasi dengan memainkan Origi dan Shaqiri sejak menit awal dengan mengistirahatkan Salah dan Firmino yang terkena cedera.

Tertinggal 3-0 atas Barca di Camp Nou pekan lalu, The Reds tampil menekan pertahanan Barca sejak kick off babak pertama dimulai, ini terbukti dengan gol cepat Origi pada menit ketujuh. Gol tersebut berawal dari tembakan Henderson berhasil ditepis kiper namun bola rebound disambar Origi lalu melepaskan tembakan ke gawang Ter Stegen.

Messi memiliki peluang pada menit ke-14 untuk menyamakan skor, namun tembakannya dari dalam kotak penalti bisa ditepis Alisson Becker sehingga bola hanya melambung.

Selang limat menit, bintang asal Argentina itu mendapatkan peluang, kali ini tembakan keras Messi dari depan kotak penalti masih menyamping dari gawang Alisson kedudukan pun tidak berubah tetap 1-0 untuk Liverpool.

Liverpool memperoleh peluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-24. Andy Robertson yang memiliki ruang tembak cukup terbuka namun dapat diselamatkan dengan Ter Stegen dengan gemilang.

Di masa injury time, Jordi Alba mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan yang memanfaatkan umpan Messi, usahanya dapat digagalkan Alisson. Babak pertamapun berakhir dengan kedudukan 1-0 tidak berubah.

Awal babak kedua Klopp melakukan pergantian dengam menarik keluar Robertson dengan memasukkan Wijnaldum.

Suarez nyaris menyamakan skor untuk Barcelona dengan sontekan bola dari dalam kotak penalti pada menit ke-51, namun bisa diblok Alisson.
Strategi Klopp dengan memasukkan Wijnaldum ternyata jitu, gelandang asal Belanda itu mencetak gol pada manit ke-54 melalui sepakan keras hasil umpan crossing Alexander-Arnold dan gagal diantisipasi Ter Stegen kedudukan menjadi 2-0 atau aggregat 2-3.

Hanya berselang dua menit, Wijnaldum kembali mencetak gol dan membuat agregat menjadi sama kuat 3-3 setelah ia mampu memaksimalkan umpan crossing Xherdan Shaqiri dengan sundulan kepala. Wijnaldum memberi harapan besar buat Liverpool untuk bisa menyingkirkan Barcelona.
Situasi ini membuat Ernesto Valverde melakukan perubahan strategi dengan menarik keluar Coutinho untuk digantikan Nelson Semedo. Namun Barca tetap kesulitan membongkar pertahanan Liverpool.
Anfield makin bergemuruh ketika Origi mencetak gol keduanya di menit ke-79 Trent Alexander-Arnold dengan cerdik mengambil sepak pojok ketika para pemain Barca masih belum siap dan Origi pun dengan mudah meneruskan bola menjadi gol. Sekaligus membawa Liverpool membalikkan keadaan agregat menjadi 4-3.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan kedudukan 4-0 atau aggregat 4-3 untuk kemenangan Liverpool tidak berubah. Dengan hasil ini memastikan Liverpool berhak melangkah ke partai final yang akan menghadapi pemenang antara Ajax Amsterdam melawan Tothenham Hotspur.

Penulis : Fitra

Editor : YES

Komentar
Loading...