IBC, PELALAWAN – Pemadaman listrik terus terjadi di beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau sebulan belakangan ini.

Terhitung sejak Minggu pertama bulan April hingga Mei ini, listrik padam sudah hampir sepuluh kali ditiap malamnya.

Perwakilan PLN Kabupaten Pelalawan, Irwansyah mengatakan, penyebab terjadinya pemadaman listrik disebabkan sudah over kapasitas dan ketidak mampuan daya kabel utama mensuplai arus listrik yang mengakibatkan kabel utama mengalami pecah (meledak – red).

“Kabel yang berada diJalan Ambisi pecah bang, dayanya terlalu tinggi,kabel perlu ditukar yang lebih besar lagi,” kata Iwan saat dikonfirmasi IBC melalui pesan elektronik pada 28 April lalu.

Sejak 18 April lalu, pihak PLN mengklaim akan segera memperbaiki penyebab terjadinya pemadaman listrik yang kerap kali terjadi.

“Kapasitas travo yang berada di jalan Ambisi kelurahan Kerinci Timur memang sudah kelebihan beban bang. Banyaknya rumah penduduk sudah tidak mampu lagi disuplai dari travo yang ada.” terang teknisi PLN yang enggan disebutkan namanya, Selasa (7/5/2019).

Pengajuan penambahan tiang induk atau travo sudah beberapa kali disampaikan warga melalui anggota DPRD Pelalawan dengan pengajuan proposal. Namun hingga saat ini belum juga terealisasi hingga kepala PLN perwakilan Pelalawan sudah berganti.

Sampai saat ini sesuai pengakuan warga, di wilayah Ambisi kelurahan Kerinci Timur masih sering terjadinya mati lampu secara tiba-tiba. Baik kabel yang pecah, atau daya lemah.

Kepala PLN perwakilan Pelalawan Iwan mengatakan pihaknya sudah mengajukan ke wilayah provinsi untuk pengajuan penambahan tiang PLN di beberapa titik.

“Ia bang,kita sudah ajukan kewilayah (Provinsi), insyaallah Ambisi dan Arbes prioritas kita bang,” terangnya kepada IBC.

Editor : YES