Menjadi Referensi Mendunia

Plt Bupati Talaud Apresiasi dan Dukung Pencanangan Zona Integritas

IBC, TALAUD – Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri (PN) Melonguane menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), mendapat apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud (Pemkab Talaud).

“Saya mengapresiasi sikap tanggap dan cepat Pengadilan Negeri Melonguane. Dari apa yang kita canangkan ini, tentunya kami (Pemerintah Daerah – red) sangat mendukung.” kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange, saat menghadiri kegiatan tersebut. di Ruang Sidang Pengadilan Negeri (PN) Melonguane, Selasa 14/5/2019) siang tadi.

Tauge berharap agar Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM ini dapat dijadikan tolak ukur dan contoh bagi daerah-daerah lain.

“Harapan saya, negeri ini, daerah ini (bumi Porodisa – red) menjadi sebuah daerah yang kedepannya akan betul betul punya nama, punya zona dalam rangka pelaksanaan gerakan besar (Zona Integritas) untuk kita hidup bebas dari korupsi dan kita juga menciptakan satu wilayah dan birokrasi yang bersih,” harapnya.

Disisi lain, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Melonguane, Yulius Christian Handratmo mengungkapkan, sebagai langkah awal, Pengadilan Negeri (PN) Melonguane telah meluncurkan website www.pnmelonguane.go.id dan E-Count sebagai sarana bagi pencari keadilan untuk mendapatkan keterbukaan informasi mengenai perkara baik perkara perdata maupun perkara pidana, jadwal persidangan, biaya perkara, agar semua dapat diakses dengan mudah.

Demikian juga untuk pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Negeri Melonguane telah memberlakukan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Stop Service) bahkan sebelum pencanangan Zona Integritas ini dilakukan.

“Semua kegiatan sekarang dilakukan secara terbuka, tidak ada lagi yang ditutup tutupi. Mulai dari penyediaan sistem peradilan disini dan pelayananan lainnya sudah melalui sistem online. Semua itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada publik,” ungkap Handratmo

Hendratmo berharap untuk Kementerian, Lembaga atau Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah mencanangkan sebagai Zona Integritas agar mengusulkan salah satu unit kerjanya untuk menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi dan melakukan Reformasi Birokrasi.

“Semoga dengan pencanangan ini, dapat membawa Pengadilan Negeri Melonguane setingkat lebih tinggi ke arah yang lebih baik dan akhirnya wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi bersih melayani dapat dicapai,” harapnya.

Editor : YES

Komentar
Loading...