Menjadi Referensi Mendunia

Telaga Baru: Upaya Tingkatkan Perekonomian Warga Melalui Pembangunan Obyek Wisata

IBC, MERANTI – Kepala Desa Telaga Baru Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, wacanakan meningkatkan perekonomian warga melalui program kepariwisataan.

“Mengingat sumber daya alam (SDA) di desa kami sangat berpotensi untuk dijadikan obyek wisata,” kata Kepala Desa Telaga Baru, Rozali kepada Indonesia Berita, Rabu (15/05/2019).

Selain itu kepiawaian kepala desa dalam mengelola Dana Desa juga dinilai sangat tepat sasaran dan sejalan dengan wacana tersebut, ini terlihat dari pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir juga sudah sangat mendukung, yaitu memperioritaskan jalan utama menuju pelabuhan, yang sekaligus menjadi sarana penunjang obyek wisata tersebut, seperti penggunanaan dana desa tahun 2018, dana sebesar Rp, 137.628.600, digunakan untuk membangun jalan pelabuhan dengan diameter 250 x 2.5 x 0.10, serta satu unit Box Culvert. Dan pada 2019 dana sebesar Rp.71.561.000, kembali di limpahkan untuk melanjutkan atau penyelesaian pembangunan jalan tersebut.

Penggunaan dana desa yang tertata dengan baik, sehingga memberikan fungsi ganda yang dimaksud, selain sebagai akses utama bagi masyarakat yang berkaitan dengan pelabuhan, juga sebagai penunjang atau sarana pendukung obyek wisata tersebut, karena jalan utama itu membelah lokasi obyek wisata yang diwacanakan.

Menurut Rozali membangun desa yang memberikan fungsi ganda, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, juga terbukti dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Membangun desa di sektor kepariwisataan, merupakan tujuan utama kami, karena dengan pariwisata juga secara langsung bisa menyentuh perekonomian warga. Terlebih lagi potensi pariwisata di Desa Telaga Baru sangat mendukung, karena desa ini selain mempunyai hutan manggrove, juga punya sejarah penting di masa sebelum merdeka, yaitu menjadi pusat pengolahan kayu pemerintahan jepang, dan lokasinya juga bertepatan persis di lokasi wisata manggrove yang di wacanankan,” ujarnya.

Rozali menambahkan kami juga akan melibatkan BUMDes dalam pelaksanaan dan pengelolaan obyek wisata nantinya

“Selanjutnya kami bersama masyarakat desa, sangat mengharap dukungan semua pihak, terutama Pemerintah Daerah melalui dinas pariwisata pemuda dan olah raga, dan dinas pendidikan kasi sejarah, ikut bersinergi dalam memberikan support guna menyukseskan program ini. Sebagai sarat utama dalam sebuah obyek pariwisata, yaitu 3 A, (Akses, Aminitas, dan Atraksi) sudah kami rencanakan, bahkan salah satu darinya sedang dalam pengerjaan,” tambahnya.

Upaya membagun desa melalui obyek wisata manggrove di lokasi pabrik peninggalan Jepang, yang di tenggarai tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat saat ini juga sudah sampai ke Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Rizki Hidayat memberikan sambutan baik. Menurutnya apabila industri wisata tumbuh dengan baik, maka secara automatis perekonomian masyarakat juga akan meningkat.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah yang membidangi pariwisata memberikan suport kepada seluruh masyarakat Meranti, khususnya Desa Telaga baru dalam mengembangkan obyek wisata, namun semua itu tidak terlepas dari 3A sebagai sarat utama, karena di dalamnya secara lengkap menjelaskan langkah awal membentuk sebuah destinasi wisata,” kata Rizki.

“Selain itu peran masyarakat setempat juga tidak kalah pentingnya, karena pariwisata itu bermula dan tergantung dari masyarakat. Kami dari pihak pemerintah dalam hal ini akan memberikan suportnya sepenuhnya bila ini berjalan seiringan, karena industri pariwisata apabila tumbuh dengan baik, maka secara automatis ekonomi masyarakat akan bangkit pula, karena industri pariwisata itu akan menetes kebawah, sangat berbeda dengan industri pertambangan yg hanya menguntungkan pengusaha dan konglomerat,” ungkap Rizki.

Upaya pemerintahan desa bersama masyarakat setempat membangun desa melalui pengembangan obyek pariwisata ini juga sejalan dengan visi misi Desa Telaga Baru, yaitu ‘Menjadikan Desa Telaga Baru cerdas, maju, mandiri, sejahtera serta menjadi pintu gerbang menuju Kabupaten Kepaulauan Meranti,’ dan Misi, “Meningkatkan pembangunan ganda, mempercepat pertumbuhan ekonomi, melalu perbaikan sarana dan prasarana umum, serta meningkatkan komunikasi dengan segenap komponen masyarakat,” (Advertorial)

Penulis : Noeradi

Editor : YES

Komentar
Loading...