Menjadi Referensi Mendunia

Manado Jadi Tuan Rumah Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Tour Leader

IBC, MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merupakan Provinsi ketiga yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Fasilitas Uji Kompetensi sektor pariwisata kerjasama antar Kementerian Pariwisata RI, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulut dan Lembaga Sertifikasi Profesi, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Bidang Kelembagaan Anging Mamiri Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 31 Mei 2019 di Hotel Gran Central yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara (Kadis Budpar Sulut) Daniel Mewengkang didampingi oleh Direktur LSP Anging Mamiri Farid Said.

Daniel mengatakan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata Sulut siap kerja untuk peningkatan potensi sumber daya alam (SDA).

“Manakala SDM bidang pariwisata Sulawesi Utara siap kerja maka akan terjadi peningkatan potensi SDA Pariwisata sebagai Multiflyer Effect sehingga Gubernur Sulut Olly Dondokambey menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak 200.000 ribu tahun 2019 sungguh merupakan pencapaian yang fantastis sebagai tuan rumah dalam menyambut wisatawan masuk ke Sulawesi Utara dan semuanya akan menjadi “smooth” serta siap bersaing secara sehat baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.” katanya di dalam sambutan.

Peserta kegiatan Uji kompetensi sektor pariwisata bidang Tour Leader di Hotel Gran Central, Jumat (31/6/20/19). Photo : Eddy Th Terok/Indonesia Berita

Farid Said selaku Direktur LSP Anging Mamiri mengatakan jika kita ingin mendapatkan pengakuan dari negara bahkan dunia internasional maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan Human Resources dan sebagai Lembaga Resmi LSP siap mensukung sertifikasi SDM sektor Pariwisata mengingat Global Competitivness Tourism untuk Asia Indonesia berada di urutan ke lima dan urutan ke tiga puluh enam untuk dunia.

“Oleh karena itu peningkatan SDM sektor pariwisata mutlak diperhatikan dan dikembangkan dengan harapan semua stakeholder dan komponen masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta melestarikan nilai-nilai kultur, histori dan objek wisata demi peningkatan taraf perekonomian dan kesejahteraan untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah Provinsi Sulaweai Utara.” ungkap Farid.

Selanjutnya Farid menegaskan semakin banyak SDM sektor Pariwisata bidang Tour Leader yang bersertifikat kompetensi yang jelas maka semakin menunjukan tingkat keamanan dan profesionalitas tenaga Pariwisata di Sulawesi Utara.

“Hal ini membuat Kementerian Pariwisata RI berikan penghargaan sebagai “The Rising Destination 2019.” tandasnya.

Penulis : Eddy Th.Terok

Editor : YES

Komentar
Loading...