IBC, JAKARTA – Liverpool Juara Liga Champions 2019 setelah mengalahkan Totthenha Hotspur 2-0 di partai fibal yang berlangsung di Estadio Wanda Metropolitano., Minggu (2/6/2019) dinihari WIB.

Kedua gol The Reds dihasilkan Mohammed Salah melalui penalti menit kedua dan Divock Origi menit 87.

Babak pertama baru berjalan dua menit Liverpool unggul lebih dulu setelah Salah berhasil mengeksekusi tendangan penalti yang tidak dapat dijangkau Lloris dan kedudukan berubah 1-0 untuk Liverpool.

Penalti buat Liverpool diperoleh setelah bola tendangan Sadio Mane yang bermaksud mengoper mengenai tangan Moussa Sissoko didalam daerah terlarang dan wasit langsung menunjuk titik putih.

Pada menit ke-17 Alexander-Armold melakukan usaha mencetak gol namun sayang tembakannya masih melebar dari gawang Lloris.

Pertandingan sempat berhenti sejenak setelah salah seorang penontin (perempuan – red) memasuki lapangan dan berlari sampai ke tengah lapangan, beeuntung petugas keamanan sigap dan mengamankan penonton itu dengan membawanya keluar lapangan.

Robertson mempunyai peluang pada menit ke-38 namun sayang tembakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Lloris.

Sampai akhir babak pertama kedudukan 1-0 untuk Liverpool tidak berubah.

Pasukan Jurgen Kloop memiliki peluang pada menit 69 kali ini melalui Milner yang baru enam menit masuk lapangan dengan menggantikan Wijnaldum, tetapi tendangannya masih melebar dari gawang Lloris.

Pada menit 83 Spurs mempunyai dua peluang secara beruntun mellaui Aon dan disusul Lucas Moura namun kedua tendangannya masih bisa diredam Alisson yang tampil gemilang.

Berselang dua menit Spurs kembali memperoleh peluang kali ini giliran Harry Kane melalui tendangan bebas, kembali kioer asal Brasil ini tangguh dapat memeluk bola, kedudukan pun masih tetap 1-0.

Spurs terus membombardir pertahanan Liverpool demi mengejar defisit. Giliran Harry Kane dari situasi tendangan bebas menguji Alisson di menit ke-85. Tetapi si kiper tak sedikit pun goyah. Skor masih 1-0.

Saking asiknya menyerang, Spurs dibuat terhentak melalui supersub Origi dapat mencatatkan namanya di papan skor dan membuat kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk Liverpool

Berawal dari sepak pojok terjadi kemelut di kotak penelti Spurs, bola sempat mengenail Van Dijk. Akhirnya bola meluncur ke Origi tanpa ampun pemain asal Belgia ini melepaskan tembakan mendatar ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau Lloris. Gol! Tottenham 0-2 Liverpool di menit ke-87, perlawanan Tottenham sudah berakhir.

Wasit memberikan tambahan waktu selama lima menit namun tidak ada peluang yang tercipta sapai akhir peluit panjang terdengar tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan kemenangan 2-0 ini membuat Liverpool Juara, ini merupakan Trofi pertama untuk Jurgen Klopp sejak menangani The Reds, trofi Liga Champions keenam The Reds.

Penulis : Fitra

Editor : YES