IBC, TOLITOLI – Ribuan umat Muslim di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah memadati Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli untuk melaksanakan sholat Idulfitri 1440 H, yang dilaksanakan pada Rabu (5/6/2019) pagi.

Hadir pula di tengah ribuan jamaah sholat Idulfitri, Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman Hi Budding, Sekretaris Daerah Mukaddis Syamsuddin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta sejumlah Pejabat Pemda Tolitoli.

Takbir, tahlil dan tahmid yang menggema dipandu oleh Ustadz Ismail Marali diikuti oleh seluruh jamaah.

Ribuan warga memadati Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli untuk melakukan Sholat Ied, Rabu (5/6/2019). Photo : Hunas Pemda Tolitoli

Sebelum shalat Ied dimulai, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tolitoli KH M Nasir Mille memandu jamaah dengan memberikan penjelasan singkat tentang tata cara shalat Ied, bertindak sebagai imam, Ustadz H. Husni Mubarak, dan khatib Ustadz Muallimin A Khalid.

Dalam khutbahnya, Muallimin Khalid, selaku khatib, mengajak seluruh umat muslim untuk merealisasikan ibadah ritual dalam interaksi sosial di masyarakat seperti halnya bulan Ramadhan yang baru saja usai.

“Interaksi sosial semestinya tidak serta merta berakhir dengan berakhirnya bulan tersebut, tapi harus menjadi pemicu untuk terus berbuat kebaikan pada sebelas bulan selanjutnya sehingga hasil dari ibadah kita adalah kebaikan yang dapat menjalin kerukunan dan persatuan antar umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya.” kata Muallimin dalam khutbahnya.

Editor : Yes