IBC, MALANG – Ngebel merupakan salah satu desa yang berada di Ponorogo dan merupakan salah satu tempat pelaksanaan rangkaian tradisi ritual Grebeg Suro.

Masyarakat Ngebel adalah satu dari beberapa masyarakat adat yang masih tetap menjaga seluruh kebudayaan warisan nenek moyang atau leluhur.

Satu diantara tradisi yang hingga saat ini masih dipertahankan adalah tradisi ritual Grebeg Suro yang mana tradisi Ritual Grebeg Suro terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti festival reog, pawai lintas sejarah, kirap pusaka, dan larungan sesaji serta risalah do’a.

Salah satu acara dari serangkaian acara Grebeg Suro, yakni acara Larungan Sesaji merupakan sebuah ritual untuk menolak bala atau sial.

Ritual ini dilaksanakan saat tanggal 1 Muharram atau 1 Suro, yang mana perayaan Grebeg Suro ini melibatkan seluruh elemen masyarakat Ponorogo, mulai anak-anak sampai dengan sesepuh. Dibalik prosesi ritual tersebut banyak terdapat nilai-nilai filosofi serta makna dalam seluruh prosesi Ritual Grebeg Suro.

Hal itu dikemukakan oleh hasil penelitian tim mahasiswa Uuniversitas Negeri Malang yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk kategori penelitian sosial humaniora.