IBC, MALANG – Pelajaran Geografi terkadang masih dianggap sulit oleh siswa karena objek keilmuannya yang cukup luas dan memiliki istilah-istilah asing.

Kesulitan tersebut mendorong lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan media pembelajaran interaktif berupa buku suplemen yang menghadirkan kegiatan menyenangkan dalam kelas.

GEMBOK ATI (Geomorphologhy Book with Augmented Reality) menjadi inovasi produk hasil kolaborasi teknologi AR dengan materi Geografi yang mengusung konsep buku pelajaran dengan ilustrasi 3D yang menarik sehingga mampu meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Gembok Ati merupakan buku pembelajaran, yang berisi materi pelajaran geografi SMA.

Materi ini terdiri dari: jenis-jenis bentukan lahan (geomorfologi), sebaran dan pengelolaan potensi sumberdaya alam, dan mitigasi bencana alam di Indonesia. Ketiga materi tersebut dikemas dalam bentuk 2 sajian, yaitu : sajian berbasis kertas dan sajian berbasis digital.

Untuk sajian berbasis kertas buku Gembok Ati memiliki keunggulan yaitu : penggunaan bahasa yang lebih komunikatif, ilustrasi 3 dimensi yang menarik, dan tampilan layout yang bewarna.

Kemudian untuk sajian berbasis digital buku Gembok Ati didukung dengan program Augmented Reality (AR). Program ini dikembangkan dengan tujuan untuk menvisualisasikan bentukan lahan yang ada di Indonesia.

Menurut Hanif selaku mahasiswa jurusan geografi menuturkan ilustrasi yang disajikan dalam buku Gembok Ati memliki kelebihan.

“ilustrasi yang disajikan dalam buku Gembok Ati memiliki kelebihan yaitu pendetailan informasi terkait bentukan lahan, misalnya bentukan lahan asal vulkanis (gunung api) mulai dari proses pembentukan hingga fenomena yang dihasilkan seperti : lava, sill, dike, batholit, lakolit yang dijelaskan dengan rinci dan kompleks.” ucapnya.