Menjadi Referensi Mendunia

US Airforce dan TNI AU Latihan Gabungan COPE West 2019 di Manado Sulawesi Utara

IBC, MINAHASA UTARA – Kehadiran pesawat angkut berat Amerika Serikat C-17 Globe Master di Bandara Sam Ratulangi Manado Jumat 14 Juni 2019 dipimpin oleh Pilot Capt. Rockey Gardland dan Co Pilot Capt. Jon Simon yang rencananya akan melibatkan unsur tempur dari kedua pihak menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan Pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 14 Amerika yang berkedudukan di Pangkalan Militer Amerika Serikat di Jepang.

Latihan Gabungan TNI AU dan US Air Force dengan sandi “COPE West 2019” yang akan digelar dari tanggal 17 sampai dengan 28 Juni 2019 di Lanud Sam Ratulangi,Sulawesi Utara.

Kedatangan pesawat angkut berat Amerika C-17 Globe Master US Air Force diterima langsung oleh Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Penerbang(Pnb) Johnny Sumaryana bersama jajarannya di Bandara Sam Ratulangi Sulawesi Utara.

Pesawat pengangkut alat berat Globe Master C17 sedang parkir di landasan Sam Ratulangi Manado, Jumat (14/6/2019). Photo : Dispen Lanud Sam Ratulangi Sulawesi Utara.

Johnny Sumaryana yang juga putra asli Kakaskasen Tomohon Sulawesi Utara saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa latihan gabungan ini untuk meningkatkan keterampilan dan profesinalitas penerbang.

“Tujuan latihan gabungan TNI AU dan US Air Force adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (joint operation) maupun latihan Combat Operation” ungkapnya.

Kadispen Lanud Sam Ratulangi Mayor Jhony Gumansalangi menambahkan bahwa latihan bersama tersebut mulai dimatangkan dan dibahas lewat Initial Planning Conference Cope West 2019

“Latihan bersama tersebut mulai dimatangkan dan dibahas lewat Initial Planning Conference Cope West 2019 yang dilaksanakan pada bulan Januari 2019 lalu bertempat di Graha Merdeka Kairagi dan Bandar Udara sebagai lokasi yang dilakukan survey pada saat itu.” tambahnya.

Rapat pembahasan (IPC) yang dipimpin oleh Kolonel Pnb.Satriyo Utama dan Jim Traywick (Pacaf Excercise Planner) mewakili delegasi Amerika Serikat.

Perwira TNI AU yang lulusan sekolah penerbangan jurusan penerbangan tempur angkatan 45 tahun 1993 ini berharap latihan gabungan ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala sehingga memohon bantuan dan dukungan sehingga bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya

“Semoga latihan ini berjalan lancar tanpa adanya kendala dan mohon bantuan serta dukungannya sehingga saya bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.” tandas Sumaryana.

Penulis : Eddy Th Terok

Editor : YES

Komentar
Loading...