IBC, MEDAN – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan menggelar diskusi panel pembukaan Kursus Lanjutan Kepemimpinan (KLK), pada Senin (17/6/2019) bertema “Optimasi Daya Saing Pemuda Menghadapi Bonus Demografi Dalam Memperkuat Ekonomi Bangsa” di PKM Cabang Medan tepatnya Jalan Iskandar Muda No.107, Kecamatan Medan Baru Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Diskusi panel ini dihadiri puluhan orang peserta yang bergabung dalam GMKI Cabang Medan. Acara ini menghadirkan para narasumber dengan kompetensi yang berbeda-beda, yakni Naslindo Sirait sebagai Bappeda Kepulauan  Mentawai, Pantas Silaban sebagai Direktur Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan, Indra Maipita sebagai Dekan Fakultas Ekonomi UNIMED yang digantikan oleh Jhonson sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi UNIMED.

Dalam diskusi panel yang berlangsung, acara dimulai dari pembukaan menyanyikan Lagu Indonesia Raya ,Doa pembukaan, dan kata sambutan langsung dari Ketua Panitia Meliana Gultom.

GMKI Cabang Medan juga mengundang Fransiska Sihaloho sebagai Manager komunikasi dan koordinasi kebijakan KPW Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara.

Dalam diskusi panel pembukaan KLK, pemateri memaparkan beberapa hal mengenai bonus demografi yakni besarnya penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun dalam suatu negara.

“Jika Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimulai dari kaum milenial dapat lebih ditingkatkan, maka ekonomi bangsa yang kuat akan segera dapat kita songsong,” kata Naslindo Sirait saat memberikan materi.

Naslindo mengaku bukan hal yang mudah untuk dapat menghadiri acara diskusi panel ini. Dirinya harus naik kapal dari Kepulauan Mentawai meninggalkan pekerjaannya dan naik pesawat untuk bisa menghadiri acara ini.

“Saya tidak minta apa-apa kepada panitia, bahkan saya juga nanti akan turut berkontribusi dana kepada GMKI Cabang Medan,” sebut Naslindo.

Ia berharap agar para generasi milenial jangan membuang-buang waktu, belajarlah sungguh-sungguh, marilah kita meningkatkan daya saing yang lebih baik dan guna membangun ekonomi yang kokoh di mulai dari sekarang.

“Marilah kita meningkatkan daya saing yang lebih baik dan guna membangun ekonomi yang kokoh di mulai dari sekarang.” harap Naslindo.

Kemudian, ada empat kesempatan bertanya ataupun diskusi langsung yang diberikan Panitia kepada para peserta Diskusi Panel, dan sangat dimanfaatkan dengan  baik oleh para peserta. Tidak disia-siakan, para peserta langsung berebut untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para narasumber ahli.

Selanjutnya, para narasumber memberikan penjelasan secara bergantian sesuai narasumber yang diajukan pertanyaan .

Acara berlangsung motifatif kepada para peserta untuk bersama-sama lebih produktif lagi. Dan tidak jarang peserta tertawa  karena beberapa nara sumber sesekali memberikan statement yang menghibur .

Acara ditutup dengan meriah, Naslindo Sirait mendapatkan apresiasi dari para peserta atas kegigihannya agar bisa menghadiri acara Diskusi Panel.

Perlu diketahui, setelah penutupan acara diskusi panel, GMKI Cabang Medan melakukan Ibadah penutupan yang dibawakan oleh Pdt. Eben Ezer Siagian. Selama acara diskusi panel berlangsung situasi aman dan sukses.

Penulis : Rj. Samosir

Editor : YES