IBc, JAKARTA – Seperti diketahui bahwa petahana presiden Joko Widodo telah mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga dalam pilpres 2019. Meski masih dalam proses persidangan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat petahana mencari calon menteri yang akan mengisi kabinet kerja jilid II periode 2019-2024.

Mantan pengusaha mebel yang memiliki motto kerja-kerja tersebut, selalu membuat masyarakat bertanya-tanya ketika ia memberikan isyarat keinginannya. Seperti saat menghadiri buka puasa bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2019).

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadahlia sudah pantas jadi menteri,” tadi saya melihat-lihat adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri,” ujar mantan Walikota Solo ini.

Baca Juga : Jokowi Hadiri Silahturahmi Nasional HIPMI

Kedua, beberapa kali pertemuan Presiden Jokowi dan Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara, baik sebelum dan pasca Pemilu Pemilihan Presiden serta Pemilihan Legislatif. Saat ditanyakan oleh awak media, apakah AHY termasuk radar sebagai menteri? “Kenapa tidak,?” jawab Jokowi beberapa waktu yang lalu.

Ketiga, saat mantan Gubernur DKI Jakarta ini menghadiri halal bihalal aktivis 98 di Ballroom, Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2019). Meskipun Jokowi tidak menyebut nama, namun ia memberikan isyarat bahwa aktivis 98 belum ada yang menjadi menteri. Sontak otomatis membuat para aktivis 98 menyebut nama Adian Napitupulu selaku Ketua Panitia acara tersebut yang juga Anggota DPR RI terpilih dari PDI-Perjuangan, periode 2019-2024.

Baca Juga : Jokowi Ajak Aktivis 98 Mengoreksi dan Memberikan Masukan-Masukan

Selain itu, Jokowi juga mengajak para aktivis 98 untuk mengoreksi dan memberikan masukan-masukan kepada pemerintahannya.

Keempat, mekipun menjadi rival di pertarungan pipres, nama Sandiaga Uno disebut-sebut juga oleh publik mengisi Kabinet Kerja Jilid II. Saat Jokowi ditanyakan peluang Sandiaga masuk dalam kabinetnya, bapak dari Kaesang ini memberikan jawaban yang mengejutkan, “ya kenapa tidak,?” jawabnya yang kemudian tertawa saat ditanya peluang Sandi masuk kabinet, dilansir Merdeka.com.

Bagaimana menurut anda?

Penulis : FA

Editor : MAS