Menjadi Referensi Mendunia

Misteri Dicopotnya Direktur PD Tuah Sekata, Berikut Wawancara Eksklusif Direktur LSM FORMASI

IBC, PELALAWAN – Polemik pemecatan direktur BUMD PD Tuah Sekata Kabupaten Pelalawan pada akhir Mei 2019 lalu menjadi topik hangat untuk diperbincangkan.

Semua terjadi begitu singkat, masa jabatan yang hanya berjalan selama tiga bulan dengan dasar pengangkatan melalui Perda Pelalawan dan dicopot dengan dasar Permendagri nomor 37 tahun 2018 dinilai Syafri sangat tidak relevan.

Menurut Syafri seperti yang dikutip dari laman tribun Pekanbaru [dot]com bahwa secara hierarki perundang-undangan kedudukan Perda lebih tinggi dibanding dengan Permendagri.

Syafri menuturkan bahwa Permendagri keluar pasca ia terpilih menjadi direktur disebuah perusahaan plat merah tersebut.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pencabutan SK direktur PD Tuah Sekata berawal dari surat Somasi yang dilayangkan LSM FORMASI terhadap Pemda Pelalawan pada beberapa waktu lalu.

Berikut wawancara eksklusif Biro Indonesia Berita terhadap direktur LSM FORMASI Nurul Huda pada Rabu (19/06/2019) melalui seluler.

IBC ; Sewaktu anda kirim somasi ke Pemda untuk pencabutan SK Ir. Syafri selaku Dirut PD Tuah Sekata, apa motifasi anda?
Nurul Huda: motivasinya agar kita ikuti prosedur perundang-undangan saja.
IBC : Tapi apa FORMASI tidak tau kalau peraturan menteri itu keluar setelah pengangkatan Ir Syafri sebagai Dirut BUMD PD Tuah Sekata?
Nurul Huda: kami tahu setelah pak syafri dilantik dan bekerja.
IBC : Ada isu yang kami dengar kalau ini ada titipan? Bagaimana menurut anda?
Nurul Huda: Gak benar itu.
Nurul Huda: saya tahunya safri sudah dilantik… lalu kami cari aturannya dan ada aturan yang dilanggar.
IBC: Formasi melihat gugatan Syafri ini seperti apa ?semua tau Asep Ruhiyat merupakan PH HM Harris (Bupati Pelalawan), bagaimana anda melihat ini?
Nurul Huda: itu haknya pak syafri pak, termasuk pak syafri memilih lawyernya.

Sedangkan dilain kesempatan Setda Pelalawan yang juga bagian dari Pansel penerimaan Dirut BUMD PD Tuah Sekata pada saat itu, mengatakan bahwa sebenarnya teman-teman LSM Formasi sudah mengetahui lahirnya Permendagri tersebut setelah pengangkatan Ir Syafri menjadi direktur di PD Tuah Sekata.

“Ia sebenarnya teman-teman dari Formasi sudah tahu itu,” kata Tengku Mucklis singkat kepada Indonesia Berita melalui telepon selulernya pada Rabu (19/6/2019).

Editor : YES

Komentar
Loading...