IBC, TALAUD – Salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat khususnya bagi anak-anak dan balita, dilakukan Serda Aser Papea.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1312-07/Miangas Kodim 1312/Talaud ini, ikut memberikan pendampingan kegiatan Posyandu di Puskesmas Miangas, pada Rabu (19/6/2019) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Serda Aser langsung turun tangan membantu para Bidan saat menimbang (mengukur berat badan – red) dan mendampingi para Balita saat diberikan makanan tambahan gizi dan vitamin.

“Kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui posyandu ini, sangat penting dilaksanakan di wilayah sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah dijangkau dari tempat tinggalnya,” ujar Serda Papea

Selain itu, Babinsa yang juga aktif dalam berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat ini, mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memelihara hubungan yang baik dengan warga.

Menurutnya, kegiatan pendampingan berupa pelayanan kesehatan yang dilakukan, merupakan salah satu tugasnya dalam memberikan kesejahteraan kepada warga, selain melakukan pembinaan teritorial berupa pendataan yang mengenai Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial yang ada di masyarakat.

“Adapun tujuan posyandu antara lain menurunkan angka kematian bayi, angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan,” sambung Papea.

Serda Aser Papea saat membantu petugas kesehatan setempat dalam memberikan pendampingan Posyandu kepada Balita di Puskesmas Miangas, Rabu (19/6/2019) lalu. Photo : Koramil 1312-07/Miangas.

Mayor (Inf) Syamsul Ma’Arif selaku Danramil 1312-07/Miangas mengemukakan bahwa peran aktif babinsa dalam pelaksanaan kegiatan posyandu ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pihaknya terhadap kesehatan masyarakat khususnya anak-anak dan balita.

“Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa siap menyukseskan kegiatan posyandu dalam rangka mengatasi permasalahan kesehatan sampai ke lapisaan paling bawah,” tutur Ma’arif.

Sementara itu, salah seorang pegawai Puskesmas Miangas, Septin Talu, menjelaskan kegiatan Posyandu merupakan wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari desa untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

“Kami ikut senang dengan adanya bapak tentara yang terjun langsung dalam kegiatan ini.” puji Septin Talu

Editor : YES