IBC, TALAUD – Program unggulan “300 Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera”, akhirnya masuk ke Talaud.

Selain Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang terpilih untuk melaksanakan program tersebut.

Program unggulan pemberdayaan kawasan pedesaan yang kini berevolusi menjadi program nasional tersebut, merupakan kerjasama antara PT. Astra Internasional Tbk, dengan Kementerian Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), sekaligus meluaskan jangkauan ke 63 Kabupaten di Indonesia.

“Terpilihnya Kabupaten Kepulauan Talaud, sebagai bukti NKRI hadir di perbatasan, bukti perhatian negara atas jeritan masyarakat di Kepulauan Talaud,” ucap Plt Bupati Kepulauan Talaud, melalui Kepala Bagian Humas Pemkab Talaud, Fanmy Unsong, belum lama ini.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis yang dikirim melalui WhatsApp, pada Selasa (25/6/2019) lalu, Fanmy Unsong menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud telah menandatangani perjanjian kerjasama antara Plt Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange, dengan PT. Astra Internasional Tbk.

Penandatanganan kerjasama tersebut, dilakukan bersama 62 Kepala Daerah Kabupaten/ Kota, disaksikan langsung Menteri Desa dan PDTT, Eko Putro Sandjojo di Lantai 5 Catur Dharma Hall di Jakarta.

“Penandatanganan perjanjian kerjasama ini, menegaskan pemerintah daerah siap melaksanakan program ini,” kata Fanmy, disela-sela penandatanganan kerjasama dalam kegiatan yang bertajuk “Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019″.

Ia berharap, melalui program tersebut, bisa menjawab kerinduan Pemerintah Daerah untuk membangun desa-desa tertinggal yang ada di Tanah Porodisa.

“Diharapkan melalui program Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBA-DS) ini, bisa menjawab kerinduan pemerintah daerah, terlebih khusus masyarakat pedesaan di Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menjadi desa yang mandiri, makmur dan sejahtera,” harapnya.

Plt Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange (ketiga dari kanan), saat menghadiri Kegiatan “Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019” di Jakarta, Selasa (25/6/2019) lalu. Foto: Humas Pemkab Talaud

Program Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBA-DS) merupakan komitmen PT. Astra Internasional Tbk untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat.

Dikutip dari telegrafnews.co dan harianjogja.com, program KBA-DS telah tersebar di 34 propinsi dengan jumlah desa binaan sebanyak 78 kampung dan 363 desa.

Di dalam program ini terdapat empat pilar yang dikembangkan meliputi pendidikan, kesehatan, kewirausahaan dan lingkungan. Bentuk program ini meliputi pendampingan, pelatihan, bantuan sarana prasarana penunjang program, dan pencarian offtaker untuk pilar kewirausahaan.

Keempat pilar program tersebut akan dikembangkan secara terintegrasi. Di dalam pembinaan tidak hanya difokuskan terhadap satu program karena seluruh aspek ikut diperhatikan sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat benar-benar terwujud.

Editor : YES