IBC, TALAUD – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-17 Tahun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar sidang paripurna istimewa di Gedung Sidang DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (2/7/2019).

Sidang tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Talaud, Max F. M. Lua. Max mengatakan, otonomi daerah merupakan hasil perjuangan berkesinambungan dari generasi ke generasi.

“Perjuangan yang berat, penuh rintangan dan tantangan yang membutuhkan banyak pengorbanan, termasuk mempertaruhkan nyawa.” ucap Lua.

Oleh karena itu, Max Lua mengajak seluruh generasi yang menerima hasil perjuangan tersebut, haruslah merasa bangga karena berbagai kemajuan sudah bisa dirasakan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud, pada usia daerah yang memasuki 17 tahun ini.

“Dalam rentang waktu 17 tahun ini, kita dapat merasakan berbagai kemajuan yang nampak jelas terlihat dan dirasakan di perbagai pelosok daerah di Kepulauan Talaud,” ungkapnya

Plt Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange, dalam sambutannya berkata, usia 17 tahun menandakan dan mengisyaratkan peningkatan kedewasaan.

Oleh karena itu, pemerintah daerah harus secara bertahap dapat mendefinisikan program pemerintah daerah dengan memperkuat sinergitas, dan meningkatkan profesionalisme yang lebih.

“Profesionalisme yang lebih diarahkan kepada sikap dan perilaku aparatur birokrasi yang benar, mau dan mampu bertanggung jawab serta memiliki semangat dan kreativitas yang dapat memicu peningkatan kualitas kerja kedepan,” tutur PST.

Ia juga berharap, pemerintahan di Talaud bersih dan berwibawa yang berorientasi pada pelayanan masyarakat.

“Mari kita bangun dan wujudkan Talaud hari ini dan masa depan yang penuh optimisme serta komitmen sebagai daerah yang berdaya saing dan berkualitas, yang berorientasi pada pelayanan masyarakat,” harap Tuange.

Katanya lagi, bumi Porodisa dikaruniai sumber daya alam dan potensi lainnya dapat dikelola untuk peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Pemerintah daerah diharapkan tetap terus mengimplementasikan program pemerintahan Jokowi, membangun dari pinggiran,” pungkasnya.

Dia juga mengajak segenap elemen masyarakat agar tetap mengedepankan pola pikir positif dan terbuka serta mengajak sekalian untuk memantapkan langkah membangun Talaud.

“Maju bersama bergandengan tangan, berpikir dan berbuat demi kemajuan Talaud tercintai,” ajak Tuange

Dikesempatan ini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutan tertulisanya yang dibacakan Kepala Dinas Infokom dan Persandian Provinsi Sulawesi Utara, Jetty Pulu, menyampaikan selamat merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-17 Tahun untuk Kabupaten Talaud.

“Dalam nuansa kebahagian ini, saya atas nama Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kepulauan Talaud yang telah bersama mendorong percepatan pembangunan di Propinsi Sulawesi Utara,” ucap Olly.

Olly mengatakan, selain disyukuri kemajuan daerah menjadi pijakan dan pemacu semangat dalam karya kerja kedepan sehingga mampu memperoleh hasil dan capaian yang lebih progresif.

“Secara khusus saya patut berterimakasih kepada seluruh pelaku sejarah pembangunan bangsa di Kabupaten Kepulauan Talaud dari generasi ke generasi, termasuk Plt Bupati Petrus Simon Tuange beserta pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama,” kata Olly, mengakhiri sambutannya.

Unsur forkopimda, sekretaris daerah, para pejabat eselon II, III dan IV, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat turut hadir dalam sidang tersebut.

Editor : YES