IBC, TALAUD – Menjadi seorang kepala daerah tentu saja memiliki visi dan misi serta harapan untuk memajukan daerah yang dipimpinnya.

Itu pula yang menjadi harapan dan doa Plt Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange (PST) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-17 Tahun, Selasa  2 Juli 2019 kemarin.

Sebagai pemimpin, Tuange berharap, tiga hal ini bisa segera terwujud di tanah Porodisa (sebutan lain untuk Talaud – red).

Yang pertama, pengelolaan keuangan daerah bisa menjadi lebih baik dan kiranya raihan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Kabupaten Kepulauan Talaud belum lama ini, bisa memotivasi dan memacu seluruh perangkat daerah untuk bekerja lebih baik lagi dengan sumber data yang akurat, jelas, dan terpercaya.

“Mari kita jadikan hal itu sebagai dasar untuk memacu pembangunan kedepan menjadi lebih baik lagi dengan mengedepankan semangat Sansiote Sampate-pate Suirene Suwaide,” kata Plt Bupati saat upacara peringatan HUT Kabupaten Talaud di Lapangan Sangkundiman Melonguane, Selasa (2/7/2019).

Kedua, pembangunan yang dijalankan kedepan, harus berdasar pada aturan yang benar dan jelas serta faktor pendukung lainnya sehingga tidak timbulkan masalah.

“Ditengah kemajuan masih ada capaian pembangunan yang belum terselesaikan sebagai proses yang berkelanjutan dan bertahap,” lanjut Tuange

Dan yang terakhir adalah dibutuhkan komitmen bersama mencari solusi dan penyelesaian yang efektif dan efisien terhadap setiap persoalan.

“Pemerintah daerah juga terus melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pejabat publik guna meningkatkan disiplin, menjadi pejabat yang bermoral, handal, jujur, semangat kerja yang tinggi serta komitmen kepemimpinan manejerial yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” pungkasnya.

Dikutip dari Wikipedia.org, Kabupaten Kepulauan Talaud adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan ibu kota Melonguane.

Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi.

Wilayah ini adalah kawasan paling utara di Indonesia timur, berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Filipina di sebelah utara. Jumlah penduduknya adalah 91.067 jiwa.

Kabupaten yang memiliki luas hingga 1.025,76 km persegi ini, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pada setiap tanggal 2 Juli.

Editor : YES