Menjadi Referensi Mendunia

Jemaah Calon Haji Asal Meranti Menuju Tanah Suci Dini Hari Tadi

IBC, MERANTI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan bersama rombongan, hadiri acara pelepasan Calon Jemaah Haji asal Kepulauan Meranti yang tergabung dalam Embarkasi Antara Riau menuju Madinah, Rabu (10/7/19) dini hari tadi.

Acara pelepasan itu ditandai dengan sambutan kata pelepasan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, yang sekaligus mewakili Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih dari Bupati Inhu yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Inhu, Boby Rachmat kepada Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH).

Kepada Indonesia Berita Fauzi Hasan merasa sangat bersukur, karena Jemaah Calon Haji asal Kepulauan Meranti dapat membesarkan Embarkasi Antara Riau untuk pelepasan perdana ini.

“Alhamdulillah Jemaah Calon Haji dari Meranti dapat bersama JCH Riau lainnya dapat membesarkan Embarkasi Antara Riau buat pelepasan perdana,” kata Fauzi.

Selain itu Fauzi juga berharap di tahun depan JCH asal Meranti mendapat pengecualian untuk pemberangkatan melalui Embarkasi Batam.

“Kita juga berharap ditahun mendatang JCH dari Meranti mendapat pengecualian pemberangkatan langsung ke Embarkasi Batam, hal itu mengingat jarak tempuh yang lebih singkat, dan faktor umur JCH Kepulauan Meranti,” tambah Fauzi.

Turut hadir dalam acara pelepasan itu Gubernur Riau, yang diwakili oleh Kabag Kesra Sekda Provinsi Riau H. Masrul Kasmi, Kepala kantor Kementerian agama Kepulauan Meranti H. Darwison, serta Camat se-kabupaten Kepulauan Meranti dan Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Aguslan serta beberapa pejabat penting Kepulauan Meranti lainnya.

Masrul Kasmi, yang juga menjabat sebagai Sekjend Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Riau, mengatakan Jemaah Calon Haji yang tergabung dalam Kloter 6 akan diberangkatkan menuju Madinah lewat Bandara Hang Nadim Batam, dengan menggunakan Pesawat Saudi Airlines dengan Nomor Penerbangan SP-5221.

“Seluruh Jema’ah akan berangkat dengan menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan Nomor Penerbangan SP-5221, sekitar pukul 04.00 WIB. Namun sebelumnya rombongan bertolak dari Bandara Sultan Sarip Kasim II Pekanbaru menuju Bandara Hang Nadim Batam dengan mengggunakan Pesawat Lion Air pada pukul 03.00 WIB dini hari nanti,” ujar Masrul.

Lebih lanjut dikatakannya, Jemaah Calon Haji Riau dibagi menjadi 12 Kloter se-kabupaten/Kota, khusus Kloter 6 terdiri dari JCH Kota Pekanbaru, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Inhu, jumlah Jemaah Calon Haji keseluruhan sebanyak 440 orang. Dengan pembagian 29 orang asal Pekanbaru, 325 orang asal Kabupaten Inhu dan 92 orang dari Meranti.

Dalam kesepatan yang sama, pada sambutan kata pelepasan JCH yang disampaikan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, sekaligus mewakili Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri hulu (inhu), mendoakan seluruh Jemaah Calon Haji khususnya Jemaah dari Meranti, dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar sehingga sekembali ketanah air menyandang haji yang mabrur.

“Kita doakan semua Jemaah Calon Haji Meranti selamat sampai ke Mekah dan dapat melaksanakan semua Rukun Wajib dan Sunat Haji dengan baik, selanjutnya dapat kembali ke tanah air dengan sehat Wal Afiat menjadi haji yang mabrur,” harap Wabup.

H. Said Hasyim juga berharap, dapat dibangunnya bandara baru yang lebih representatif untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji, yaitu yang memiliki jarah tempuh dekat dengan semua Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. Salah satu lokasi yang dapat dipertimbangkan adalah di daerah Maredan Kabupaten Siak.

“Berdasar letak geografis Meranti yang berada di daerah Kepulauan, jarak antara Embarkasi Haji Antara Riau di Kota Pekanbaru dirasa cukup jauh. Ditambah lagi Embarkasi ini hanya Embarkasi Antara yang belum bisa menerbangkan Jemaah Calon Haji langsung menuju tanah suci dengan alasan landasan pacu belum bisa memfasilitasi pendaratan dan perbangan pesawat berbadan lebar seperti Saudi Airlines. Jemaah Calon Haji tetap singgah di Bandara Hang Nadim Batam sebelum di berangkatkan ke Madinah,” kata Said Hasim.

“Jika bandara ada di Siak kami rasa cukup tepat karena dekat dengan seluruh Kabupaten Kota seprovinsi Riau” terang Wabup lagi.

Reporter: Noeradi

Editor: MAS

Komentar
Loading...