Menjadi Referensi Mendunia

Sempat BAB Berdarah, Permohonan Keluarga Membawa Tersangka Berobat Ditolak Oknum Polisi

IBC, PELALAWAN – Warga Desa Tanjung Beringin Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Riau berinisial BY (50) pelaku penebangan empat batang pohon yang ditersangkakan oleh Polres Pelalawan berdasarkan  laporan pihak manajemen pabrik kelapa sawit (PKS) PT Musim Mas pada 11 Juni 2019 lalu mengaku menderita sakit pada bagian perut.

Keluhan sakit pada bagian perut BY diakuinya sudah diderita sejak sebelum lebaran lalu. BY yang tidak pandai baca tulis sempat mengeluhkan sakitnya kepada pihak kepolisian yang melakukan penjagaan diruang tahanan Polres Pelalawan.

Riko, anak BY kepada awak media pada Selasa siang (09/07/2019) usai menjenguk BY mengatakan bahwa ayahnya mengeluh sakit pada bagian perut. Bahkan keluarga sudah menyampaikan kepada aparat kepolisian untuk membawa ayahnya kerumah sakit, namun polisi yang melakukan penjagaan pada saat itu menolak permintaan keluarga dengan dalih pihaknya yang akan mengurus pengobatan tersangka BY. Namun hingga saat ini BY mengaku tidak pernah diberi tindakan pengobatan.

“Bapak sempat berak darah bang, waktu itu kami sudah memohon sama pak polisi yang menjaga diruang tahanan mau bawa bapak berobat, tapi polisi nya bilang biar mereka aja yang urus, rupanya sampai sekarang bapak bilang belum ada dilakukan pengobatan. Kemarin bapak selama seminggu bilangnya perutnya sakit kali bang,” Jelas Riko kepada awak media.

Atas dasar itu, tim kuasa hukum BY pada Selasa siang akhirnya mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada Kapolres Pelalawan dengan alasan BY merupakan tulang punggung keluarga.

“Hari ini kita ajukan permohonan penangguhan penahanan kepenyidik, tapi penyidik tidak masuk hari ini. Alasan kami dengan melihat kondisi BY sebagai tulang punggung keluarga. Ditambah lagi istri belia lumpuh. Kami baru tau juga dari anak BY kalau ternyata beliau ada menderita sakit diperutnya, sampai BAB mengeluarkan darah.” Kata Henri Zanita selaku tim kuasa hukum tersangka.

Untuk diketahui, BY bersama rekannya AR (50) dilaporkan ke Polres Pelalawan karena telah menebang empat batang pohon di lahan konservasi HGU PT Musim Mas. Keduanya mengakui, hal tersebut dilakukan atas perintah Pemerintah Desa Tanjung Beringin untuk keperluan pembuatan pentas dalam acara desa.

Sejauh ini, Indonesia Berita telah berupaya melakukan konfirmasi kepada pihak penyidik yang menangani perkara tersebut melalui pesan WhatsApp. Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak yang dituju belum memberikan keterangan resmi terkait dugaan pembiaran terhadap sakit yang diderita tersangka BY.

 

Editor: MAS

Komentar
Loading...