IBC, JAKARTA – Pameran poster bertema “Ucapan Selamat Kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, diselenggarakan oleh Alumni Menteng 64 (AM64) yang juga berkolaborasi dengan Worldwide Graphic Designers (WGD) mendapatkan tanggapan positif dari pihak pemerintah maupun pengunjung Epiwalk Kuningan.

Kegiatan yang mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif tersebut merupakan bentuk ekpresi yang unik. Pasalnya menurut Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, bahwa kegiatan positif tersebut merupakan bentuk ekpresi secara seni.

“ya ini merupakan ekspresi, sebetulnya biasa ucapan selamat, tapi yang bikin unik adalah momentumnya, dan ini bukan kampanye ya, karena sudah pemilihan presiden, dan juga berbagai negara dunia, kita lihat pak Jokowi juga popular gitu ya,” ujar Triawan kepada awak media di Epiwalk Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Ia mengatakan, bahwa bukan hanya ucapan selamat, melainkan juga menghayati pribadinya Jokowi.

“Ini menarik sekali, menurut saya ke depannya kita mesti lebih banyak lagi ekpresi-ekspresi secara seni. Bukan juga hanya memuja-muji, tapi juga kritik secara kritis dengan tujuan membangun, agar ekspresi ini bermanfaat untuk kita semua,” Sambungnya, bahwa pemerintahan Jokowi bukan pemerintahan yang tertutup dan otoriter, “kita mau terbuka, ayo ngomong apa aja, asal jangan kasar,” lanjut dia.

Bahwa melalui poster adalah media yang tertua di dunia, bahkan dalam satu lembar bisa mengatakan secara visual dengan kata-kata yang kuat. Ia berharap hal tersebut menjadi preseden yang bagus ke depannya, dapat dihidupkan kembali komunikasi-komunikasi bebas di Indonesia.

“Mudah-mudahan ini menjadi preseden yang bagus kedepannya, kita hidupkan lagi komunikasi-komunikasi bebas di Indonesia,” tegas dia.

Menurutnya, acara tersebut didukung bukan karena Jokowi-Ma’ruf Amin, Bekraf juga mendukung artis-artis untuk berekspresi, namun demikian kata dia, Bekraf juga melihat kualitas dan kurasinya.

“Ada tim penilainya, Bekraf juga tidak sembarangan, kalau kualitasnya masih di bawah, kita gak bisa, kita juga gak mau asal-asalan. Makanya kita ada sistem satu pintu untuk permohonan dukungannya, salah satunya ini, bukan karena Jokowi-Amin, kita tetap melalui sistem proper,” jelas Triawan.

Bebernya lagi, bahwa poster-poster yang ada dipameran punya karakter, modern, kontemporer, “Ini semua bagus-bagus, punya karakter, bahkan ada yang dari luar negeri juga, ada saya lihat poster Bapak (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, keren banget modern kontemporer tapi penyampaian dengan hangat,” ucapnya.

Ia juga menuturkan bahwa acara yang didukung Bekraf ada 16 sektor, salah satunya pameran poster yang diselenggarakan oleh AM64 ini.

“Segala bentuk ekpresi yang dikelola secara professional menjadi event itu semuanya mendatangkan kegiatan dan bisa dimonetisasi. Seperti yang saya sampaikan tadi secara keseluruhan, setahun bisa 1100 triliun ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Penulis : FA

Editor : Jeki RA