Menjadi Referensi Mendunia

Hukum Tajam Ke Bawah, Anggota DPRD Riau Tantang Polres Pelalawan Usut PT Musim Mas

IBC, PELALAWAN – Penetapan Tersangka terhadap dua orang warga desa Tanjung Beringin Kecamatan Pangkalan Kuras berinisial BY (50) dan AR (50) oleh Reskrim Polres Pelalawan pada 11 Juni 2019 lalu membuat geram banyak pihak.

Mulia dari kalangan masyarakat, praktisi hukum Nasional, Mantan Koordinator KontraS dan terakhir anggota DPRD Riau dari Fraksi PKB, H. Sugianto ikut mengkritik tindakan Satreskrim tersebut.

Berawal dari penebangan empat batang kayu oleh tersangka BY dan AR untuk keperluan hajat Pemdes Tanjung Beringin pada Juni lalu yang dilaporkan oleh pihak perusahaan PT Musim Mas ke Satreskrim Polres Pelalawan, akhirnya membuat keduanya (BY dan AR -red) harus mendekam dalam jeruji besi. Keduanya dijerat dengan Pasal 98 ayat 1 UU No 32 tantang PPLH

Sugianto menantang pihak kepolisian Pelalawan untuk berani menangkap perusahaan yang membabat sampai keluar HGU.

“Jangan hukum itu tumpul ke atas tajam ke bawah, hal ini saya dengar terjadi lagi di wilayah hukum Polres Pelalawan dimana warga menghidupi keluarga dari mencari kayu ditangkap sementara perusahaan membabat sampai keluar HGU tidak di proses,” katanya melalui pesan WhatsApp, Kamis (11/7/19).

Sugianto menyorot penerapan Pasal yang dilakukan pihak kepolisian pada kedua warganya. Ia menuding, kepolisian sangat tidak adil, sebab hanya sanggup menerapkan pasal tersebut kepada rakyat kecil.

“Jadi jika kalau mau adil beranikah pihak kepolisian dan instansi berwenang lainya mentersangkakan pihak perusahaan yang terindikasi mempunyai kejahatan lingkungan sangat banyak, kalau berani ayo,” tantangnya.

Sugianto melanjutkan, mereka (PT Musim Mas -red) menggarap lahan di luar HGU artinya mereka menebang juga lebih banyak dari yang dilakukan dua warga itu, kemudian merusak sungai, mencemari sungai dan masih banyak sekali kesalahan perusahaan yang juga sangat mudah untuk diusut.

“PT Musim Mas diduga melakukan pelanggaran pidana maupun perdata yang ujungnya adalah hanya denda, jadi disinilah hukum yang selalu saya bilang tajam kebawah tumpul di atas itu. Kalau gak percaya apa perlu kita turun dan kita kasih tunjuk pasal yang tepat bagi perusahaan yang merusak lingkungan seperti Musim Mas,” ketusnya.

Lebih jauh Sugianto juga mengajak para pihak untuk meninjau kawasan konservasi tersebut.

“Hayo kita cek lapangan dan kita kasih tunjuk aturanya biar keadilan itu muncul, kita tunggu keberanian pihak kepolisian hari ini,” pungkas Sugianto.

Editor: MAS

Komentar
Loading...