Menjadi Referensi Mendunia

Lahar Dingin Gunung Sinabung Terjang Rumah Warga Desa Kutambaru

IBC, KARO – Banjir lahar dingin gunung api Sinabung di Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menerjang empat rumah warga dan  satu gedung Puskesmas Pembantu (Pustu), Rabu (10/7/19) malam tadi.

Banjir yang terjadi sekitar Pukul 20.25 WIB cukup mengejutkan karena terjadi beberapa saat setelah turun hujan yang sangat deras. Peristiwa ini membuat warga panik dan berupaya menyelamatkan diri.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Desa Kutambaru Boy Perangin-angin diketahui, empat rumah warga yang terdampak peristiwa ini yakni milik Yohanes Sembiring, Jaka Surbakti, Juhen Sembiring dan Ibu Patmah.

“Kondisinya tertutup material lahar dingin berupa lumpur dan bebatuan dengan ketinggian diperkirakan satu meter. Saat ini penghuninya sudah dievakuasi,” jelas Boy Perangin-angin.

Ia mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir lahar dingin ini.

“Dan juga saya sudah sampaikan ke perwakilan-perwakilan warga agar besok pagi Kamis (11/7/19) kita gotong royong untuk membantu saudara kita yang Kena Musibah Lahar dingin tersebut,” pungkas Boy.

Saat ini jembatan yang menghubungkan Desa Kutambaru menuju Desa Tiganderket putus karena dipenuhi material lahar dingin dari puncak gunung api Sinabung.

Reporter: Tison Sembiring

Editor: MAS

Komentar
Loading...