Oleh :

M. Ikhsan Ade Putra

IBC, BIMA – Optimisme masyarakat pribumi sangatlah besar didambakannya Kabupaten Bima yang berkemajuan dengan Sosok Pemimpin yang visioner mempunyai integritas dan kapasitas sebagaimana layaknya Pemimpin daerah yang mampu melebihi keberhasilan Pemimpin daerah periode sebelumnya.

Ternyata optimisme masyarakat Kabupaten Bima untuk sosok pemimpin hebat pada akhirnya terwujud dengan sosok Perempuan yang berjiwa besar, Integritas, dan visioner cukup meyakinkan bagi kalangan pendukung politiknya.

Sosok Perempuan tersebut yakni Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP) sebagaimana biasa masyarakat mengenal dengan nama Umi Dinda, cukup menggemparkan seluruh masyarakat Kabupaten Bima dan membawa kaum perempuan memiliki emantisipasi dalam menyikapi persaingan berpolitik.

IDP yang biasa disebut Umi Dinda dikenal jiwa patriotismenya sebagai sosok perempuan semenjak terpilih sebagai Bupati Bima. Tidak lupa dan tertutup (ingatan, mata, telinga) masyarakat dengan janji politiknya, karena IDP berhasil meraih Mahkota sebagai Bupati Bima dengan Visi Bima RAMAH.

Menurut hemat saya kata RAMAH (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal) mempunyai makna dan mata rantai yang tidak bisa dipisahkan dalam konsep pembangunan daerah, karena BIMA RAMAH tidak keluar dalam konteks kehidupan ekonomi, sosial, dan politik yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan Pemimpin dalam memimpin daerah ke arah yang nerprestasi di mata publik.

Sekilas saya buka kembali tentang review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bima tahun 2016-2021 dapat diselesaikan.