IBC, PEKANBARU – Kembali terkait dugaan pungutan yang diduga dilakukan oknum Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 193 Pekanbaru Provinsi Riau kepada orang tua didik pindahan, sebagaimana yang telah dipublikasikan awak media siber (Media Online) lokal maupun nasional baru-baru ini.

Terkait dugaan pungutan yang telah terjadi di lembaga pendidikan tersebut, wartawan Indonesia Berita Biro Pekanbaru menjumpai Mardalis Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid.Dikdas) Dinas Pendidikan di kantornya, Jalan Pati Mura Gobah Kota Pekanbaru Provinsi Riau.Kamis (11/7/2019).

Ketika ditanya apakah benar dalam penerimaan siswa didik baru serta siswa didik pindahan, dikenakan biaya administrasi dan atau biaya lainnya dapat dibebankan oleh Lembaga Pendidikan Formal jenjang pendidikan dasar (SD)? Seperti halnya yang diduga telah terjadi dan atau diduga telah dilakukan oleh Listriani Murni Kepala Sekolah SD Negeri 193 Pekanbaru, sebagaimana informasi dan data serta pernyataan yang telah didapatkan oleh awak media dari dirinya (Listriani Murni Kepsek SD Negeri 193 Pekanbaru)

Namun Mardalis selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Pekanbaru tidak memberikan jawaban melainkan hanya menggelengkan kepala.

“Langsung aja ke Pak Kadis.” ucanya  seraya meminta dengan lemah gemulai.

Setelah menemui Mardalis yang tidak dapat memberikan jawaban pada awak media, serta diduga lempar fungsi kepada Kepala Dinas Pendidikan kota Pekanbaru.

Reporter Indonesia Berita kemudian menanyakan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy terkait dugaan pungutan liar yang diduga telah terjadi di lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan dasar kota Pekanbaru Provinsi Riau yakni Sekolah Dasar (SD) Negeri 193, serta dugaan Mardalis Kabid.Dikdas diduga ‘Mandul’ dan atau terkesan tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai Kabid Dikdas di Dinas Pendidikan kota Pekanbaru Prov.Riau yang lebih memahami teknis proses belajar mengajar dan atau teknis akan pendidikan dasar.

“”Mohon disampaikan ke kepala dinas pendidikan saja..” pinta Muhadjir kepada Indonesia Berita Biro Pekanbaru melalui WhatsApp pribadinya, Rabu (10/7/2019) lalu.

Berdasarkan jawaban Muhadjir Effendy, Reporter Indonesia Berita Biro Pekanbaru berusaha menjumpai Abdul Jamal selaku Kadisdik Kota Pekanbaru untuk meminta tanggapan akan dugaan pungli yang diduga telah terjadi dilingkungan pendidikan SD Negeri 193 serta Mardalis selaku Kabid Dikdas yang terkesan ‘Mandul’ dan atau diduga tidak berfungsi dalam menjalankan fungsinya sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar

Hingga berita ini dipublikasikan, H.Abdul Abdul Jamal belum dapat dijumpai dan dimintai keterangannya akan hal tersebut diatas, dikarenakan beliau masih sibuk.

Penulis : Ismail

Editor : YES