IBC, TOLITOLI – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Tolitoli siap mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) seretak yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 ini.

Kesiapan personil terlihat dalam pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, Jum’at (19/7/2019).

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh personil Kepolisian Resort Tolitoli, TNI Kompi 711, Kodim 1305/Buol Tolitoli, TNI Angkatan Laut, Kompi Brimob Tolitoli, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kapolres Tolitoli AKBP Hendro Purwoko saat memimpin apel gelar pasukan tersebut menyampaikan, agar semua harus menyadari bahwa pemilihan kepala desa tahap inti yang segera berlangsung memiliki potensi kerawanan dan perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

“Saya menghimbau dan mengajak seluruh warga masyarakat dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019 untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyrakat,” ucap Hendro di halaman Mapolres Tolitoli.

Hendro menyadari, bahwa Polres Tolitoli tidak mungkin bekerja sendiri dalam pengamanan pilkades serentak tahun 2019. Olehnya itu mewakili pihakanya (Polres Tolitoli -red), ia sangat berterimakasih dengan adanya dukungan dari pihak TNI dan unsur terkait lainnya.

Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko saat foto bersama dengan TNI dan unsur Forkopimda Kabupaten Tolitoli, di Mapolres Tolitoli, Jum’at (19/7/2019). Foto: Alam/Indonesia Berita

“Terimakasih kepada Pemerintah Daerah, serta Komandan Kodim 1305/Buol Tolitoli, yang telah mendukung dan memberikan bantuan personil TNI yang akan melaksanakan tugas pengamanan. Hal ini adalah wujud kebersamaan dan pengabdian kita kepada negara dan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat di Kabupaten Tolitoli,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hendro juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam pilkades tahun 2019, dan turut serta berpartisipasi dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan tertib.

“Kepada para calon kepala desa yang ikut berkompetensi, agar senantiasa menciptakan situasi damai dan teduh selama pelaksanaan pilkades serentak,” imbaunya.

Ia juga menekankan kepada para personil yang terlibat dalam pengamanan pilkades serentak untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Linmas, dan unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan pilkades di wilayah Kabupaten Tolitoli.

“Mari kita sukseskan Pemiihan kepala desa, laksanakan tugas pengamanan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkas Hendro.

Turut hadir, Asisten Pemeritah Daerah Kabupaten Tolitoli Adjmain Laterey, Komandan Kodim 1305/Buol Tolitoli, Letkol Inf Gunarto, perwakilan Lanal Tolitoli, Wakapolres Tolitoli Kompol M. Nurasjik, Kasipidsus Kejari Tolitoli Rustam Efendi, Ketua Dewan Adat Tolitoli Ibrahim Saudah serta instansi terkait.

Penulis: Asyram

Editor: MAS