IBC, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membantah pemerintah merekayasa Habib Rizieq Syihab agar tidak kembali ke Indonesia.

“Kalau ada berita-berita bahwa yang bersangkutan ditangkal masuk ke Indonesia, tidak ada. Yang bersangkutan direkayasa untuk tidak kembali ke Indonesia, tidak ada.” kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jumat (19/7/2019).

Wiranto menjelaskan, sementara ini yang bersangkutan masih menghadapi masalah2 pribadi dengan tinggalnya di Arab Saudi yang melebihi batas waktu atau overstay.

“Tapi harus menyelesaikan dulu kewajiban dia selama tnggal di sana yang dianggap ada melanggar aturan-aturan di Arab Saudi.” jelasnya.

Mantan Panglima ABRi ini menyatakan pemerintah juga saat ini sedang mengevaluasi keberadaan organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI).

Ia menjelaskan, organisasi ini sebenarnya izinnya sudah habis sejak tanggal 20 Juni yang lalu, tapi sementara ini belum diputuskan izin kelanjutan Ormas ini diberikan atau tidak karena pemerintah masih melakukan pendalaman.

Track record-nya sedang disusun, apakah organisasi ini memang layak untuk diberikan ijin lagi atau tidak, sekarang masih dalam pertimbangan-pertimbangan itu. Sehingga masyarakat harus sabar.” ungkapnya.

Penulis : Fitra

Editor : YES