IBC, TALAUD – Gonjang ganjing pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih periode 2019 – 2024, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga, akhir-akhir ini menjadi ramai diperbincangkan oleh semua kalangan.

Baik masyarakat, tokoh politik, tokoh agama, tokoh adat, dan berbagai sumber menafsirkan dan memberikan komentar mereka masing-masing atas isu pelantikan tersebut.

Hal ini pun menjadi polemik ditengah-tengah masyarakat. Karena berbagai info yang beredar di media sosial dan sudah heboh terkait isu pelantikan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Parapaga yang simpang siur bahkan terkesan diperlambat.

Ada yang menyebut, pelantikan akan dilaksanakan pada Senin (22/7/2019), dan ada pula yang menyebutkan bahwa pelantikan E2L – Mantap ditunda karena Pemprov Sulut belum mengantongi Surat Keputusan (SK) pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud yang baru.

Belakangan ini, angin segar pun mulai berhembus. Sebab, tinggal menghitung beberapa jam saja, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud (Pemkab Talaud) akan segera memiliki pemimpin baru.

Berakhirnya masa jabatan Wakil Bupati Kepulauan Talaud, Petrus Simon Tuange, sebagai Plt Bupati Kepulauan Talaud, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) telah menerbitkan Surat Keputusan pelantikan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga.

“Kebenaran SK telah terbit itu sudah ada,” ujar sumber terpercaya, yang meminta identitasnya tidak disebutkan ini kepada Indonesia Berita, Kamis (18/7/2019) malam lalu.

Dikatakannya, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri pada prinsipnya mengakui proses Pilkada Talaud dan tetap mengacu pada aturan yang sebenarnya termasuk tahapan akhir Pilkada, yakni pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud yang terpilih.

“Prosesi pelantikan rencananya akan digelar di Manado, Senin, 22 Juli 2019.” kata dia.

Ia menambahkan, semua itu bisa berjalan dengan baik atas kerjasama semua pihak, agar proses pelantikan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga segera dilaksanakan.

“Semua itu berkat peran penting dari Dirjen Otonomi Daerah, Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, Plt Bupati Talaud, DPRD Talaud dan KPUD Talaud,” tambahnya.

Pada pemberitaan sebelumnya yang dimuat oleh beberapa Media, Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange, telah menegaskan perihal kepastian pelantikan tersebut.

“Tetap pasti akan dilantik,” tegas Tuange belum lama ini, menanggapi tudingan dan informasi yang beredar bahwa Elly Lasut dan Moktar Parapaga tidak akan dilantik.

Penulis :  Melky Zedeck

Editor :  MAS