IBC, PALU – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) menerjunkan sebanyak 388 personil di Kabupaten Sigi dan 244 di Kabupaten Tolitoli untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada Senin (22/7/2019) besok.

“Dalam pelaksanann Pilkades 2019 serentak di Kabupaten Sigi, Polda Sulteng mengerahkan 388 personil (Personil BKO Polda Sulteng dan Polres Sigi) untuk pengamanan, sedangkan untuk pengaman Pilkades di wilayah Kabupaten Tolitoli, akan diamankan oleh 244 personil Polres Tolitoli,” kata Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto dalam keterangan persnya, Minggu (21/7/2019).

Didik mengatakan, bahwa pihaknya mengantisipasi adanya potensi gangguan keamanan yang masih dapat terjadi dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak.

“Tidak menutup kemungkinan dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak potensi gangguan keamanan sewaktu–waktu masih dapat terjadi, diharapkan setiap personil yang terlibat Pengamanan Pilkades serentak dapat mempedomani setiap arahan dan petunjuk yang di sampaikan oleh pimpinananya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mengecek kesiapan personil pengamanan Pilkades serentak 2019, Kepala Biro Operasi Polda Sulteng Kombes Pol Iman Wahyudi, melaksanakan asistensi pengamanan Pilkades serentak di wilayah Polres Sigi dan Polres Tolitoli pada Minggu (21/7/2019).

Karoops Polda Sulteng Kombes Pol Iman Wahyudi bersama KABID PROPAM AKBP DUDY Iskandar disambut oleh Kapolres Tolitoli AKBP Hendro Purwoko, saat tiba di bandara Sultan Bantilan Lalos Tolitoli, Minggu (21/7/2019). Foto: Alam/Indonesia Berita

Polres Tolitoli sebelumnya telah melaksanakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan pada Jum’at 17 Juli 2019 lalu, bertempat di halaman Mapolres Tolitoli yang dipimpin Kapolres Toltoli AKBP Hendro Purwoko. Sementara itu Polres Sigi melaksanakan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, Minggu pagi (21/07) bertempat di Mapolres Sigi.

Kepala Biro Operasi Polda Sulteng Kombes Pol Iman Wahyudi yang turut hadir dalam apel gelar pasukan di Mapolres Sigi menjelaskan, bahwa Pilkades serentak yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sigi dilaksanakan oleh 47 desa dengan jumlah TPS sebanyak 106.

Sedangkan untuk Pilkades serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli sebanyak 40 desa dengan jumlah TPS sebanyak 45. Keseluruhan TPS telah dipetakan dalam beberapa kategori yakni sangat rawan, rawan dan kurang rawan.

“Kekuatan personil dalam pelaksanaan Pilkades telah dilibatkan di beberapa tahap, mulai tahap kampanye, massa tenang dan voting day, dimana sebelumnya Personil Pam TPS sebelum Voting Day sudah mengecek persiapan di TPS serta kepekaan terhadap situasi sekitar,” jelasnya.

Asistensi pengamanan Pilkades serentak 2019 yang dilakukan oleh Karoops Polda Sulteng, dimulai dari Polres Sigi kemudian dilanjutkan ke Polres Tolitoli.

Penulis : Asyram

Editor : MAS