IBC, JAKARTA – Diskusi publik bertema ‘Tantangan Kebangsaan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0’ yang diselenggarakan oleh Forum Relawan Jokowi di Hotel Redtop, Pacenongan, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019) kemarin, menghadirkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Poempida Hidayatullah dan Deputi IV Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo.

Menteri Perhubungan, Budi Karya dalam pemaparannya dihadapan 200 peserta menjelaskan, saat ini Indonesia akan menghadapi perkembangan industri 4.0. Oleh karena itu, ia juga menegaskan pihaknya saat ini mempersiapkan perkembangan Industri 4.0.

“Secara physically upaya mempersatukan bangsa ini menjadi satu tugas menteri perhubungan, dimana koneksitas itu menjadi satu hal yang penting, dan juga menjadi upaya mempersatukan bangsa,” kata Budi Karya.

Lanjut dia, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya di berbagai matra baik di laut, udara, dan darat dengan mengutamakan berbagai kegiatan layanan dalam bentuk digital.

“Bahkan kami akan lebih memaksimalkan lagi secara intensif ditempat yang memungkinkan satu produktifitas itu terjadi seperti di Tanjung Priok, Bandara Soekarno Hatta dan yang lainnya,” sambung Budi.

Tambahnya, dengan adanya kegiatan diskusi yang digelar oleh sejumlah relawan dapat menularkan sejumlah ide-ide brilian tentang perkembangan Industri 4.0.

“Pemikiran-pemikiran relawan yang advance tentang industri digital ini harus ditularkan, mengingat persaingan dunia sudah menuntut kita untuk melakukan dengan kegiatan digital dan teknologi,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Forum Relawan Jokowi (FKJ) Roni Rossa, mengatakan ia mendukung dan mengapresiasi kegiatan bertema ‘Tantangan Kebangsaan Menghadapi Era Industri 4.0.’ tersebut.

Editor : DR