IBC, LANGSA – Dalam rangka menyemarakkan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Langsa selenggarakan pagelaran seni dengan tema ‘Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas’, bertempat di Aula Virta Tirta Convension Hall, Gampong Paya Bujok Teungoh, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Sabtu (27/07/2019).

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BNNK Langsa AKBP Navri Yulenni mengatakan, bahwa dalam menuju Indonesia emas, saat ini Indonesia tengah memacu diri meningkatkan prestasi pembangunan kompetensi bangsa. Oleh karenanya diperlukan Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda yang sehat, cerdas dan berintelektual.

“Generasi millenial harus bisa menggelorakan semangat membara untuk menyadarkan seluruh komponen bangsa dalam membangun solidaritas, sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang menjadi ancaman kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” ucap Navri membacakan.

Berdasarkan hasil survei tentang penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika di 13 Provinsi Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh BNN diketahui, untuk kelompok pelajar dan mahasiswa didapatkan angka prevalensi setahun pakai sebesar 3,21 persen atau setara dengan 32,3 juta orang.

Dihitung dari total jumlah pelajar mahasiswa tahun 2018 sebanyak 15,4 juta orang. Sedangkan untuk kelompok pekerja angka prevalensi setahun terakhir pakai sebesar 2,1 persen, atau setara dengan 1,5 juta orang, dihitung dari total jumlah pekerja formal sebanyak 74 juta orang.

Masih di tempat yang sama, Walikota Langsa Usman Abdullah yang diwakili Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib mengatakan, bahwa strategi yang terbaik dalam usaha memberantas narkoba adalah dengan melakukan pencegahan dengan sasaran prioritas anak-anak dan pemuda. Sebab kelompok usia tersebut sangat rentan terpapar bahaya narkoba karena tergolong masih labil.

“Mereka bisa dengan mudah terpengaruh lingkungannya jika tidak diberi edukasi sejak dini. Sehingga dirasa penting agar kita fokus pada pencegahan pada generasi muda, apabila mereka telah diserang maka hancurlah masa depan bangsa ini. Maraknya peredaran Narkoba khususnya Provinsi Aceh, telah mengancam generasi muda kita sehingga menjadi poin penting bagi kita semua agar terus melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba saat ini,” tegas dia.

Untuk diketahui, kegiatan ini diisi dengan lomba tari-tarian yang diikuti dari beberapa sekolah se-Kota Langsa.

Turut hadir, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, unsur Forkopimda serta Muspika Kota Langsa, Kepala Sekolah dan Kepala OPD Se-Kota Langsa, Para Ketua Ormas, LSM dan OKP Se-Kota Langsa, dan Peserta Lomba.

Reporter: IQBAL

Editor: YES