IBC, TALIABU – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), menggelar rapat internal pembahasan rekomendasi untuk unsur pimpinan di DPRD Pulau Taliabu pada Senin (29/7/2019) kemarin.

Ketua Bidang Pemenang Pemilu dan Komunikasi Politik (Bappilu) DPC PDIP Pulau Taliabu, Budiman L. Mayabubun mengatakan, DPC PDIP Pulau Taliabu, telah melaksanakan rapat terkait dengan usulan pimpinan DPRD Pulau Taliabu, berdasarkan instruksi DPP PDIP No. 610/In/DPP/VII/2019 tertanggal 17 Juli 2019.

“PDIP pada pemilu 2019 kemarin, kami mendapatkan dua kursi dan suara terbanyak ke tiga, dari pertama partai Golkar, Demokrat dan yang ke tiga PDIP, sehingga kita masuk pada unsur pimpinan,” ungkap Budi sapaan akrabnya kepada para wartawan.

Budi menyampaikan berdasarkan instruksi tersebut pihaknya melaksanakan rapat dalam rangka untuk mengusulkan unsur pimpinan DPRD Pultab ke DPP PDIP. Sebab setelah pengusulan ini DPP akan melakukan fit and proper test terhadap calon wakil ketua DPRD Pultab.

“Ada beberapa kriteria yang dibahas tadi, namun saja dalam ketentuan peraturan DPP No. 7 tahun 2019 menegaskan ada syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon unsur pimpinan DPRD Pulau Taliabu,” bebernya.

Meski Anggota DPRD incumbent wajib untuk diusulkan kembali, dirinya menerangkan pihak DPC harus melakukan evaluasi terhadap kinerja anggota DPRD yang dimaksud.

“Untuk unsur pimpinan periode kemarin, PDIP Pultab mengisi Wakil Ketua Satu DPRD Pulau Taliabu dan kalau ada pengusulan kembali, maka kami akan melakukan evaluasi-evaluasi apakah masih layak diusulkan untuk masuk dalam unsur pimpinan atau tidak. Hasil evaluasi itu, akan disampaikan ke DPP PDIP pada Rabu (31/7/2019),” terang Budiman.

Dari rapat tersebut, DPC PDIP Pultab mengusulkan dua nama sebagai calon unsur pimpinan DPRD Pulau Taliabu yakni, M. Zainal Ashar dan Ridwan Soamole.

Penulis: And

Editor: MAS