IBC, LAMPUNG UTARA – Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) gelar kegiatan wawasan kebangsaan dan jelajah daerah Kabupaten Lampung Utara di Aula Serbaguna Sekolah Menengah Atas (SMA) Hang Tuah Prokimal, Kabupaten setempat, Selasa (30/7/2019).

Mengusung tema ‘Mari Kita Tumbuh Kembangkan Rasa Cinta Tanah Air’, giat ini diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan demi terwujudnya Kabupaten Lampura yang aman, maju, sejahtera, agamis dan bermartabat.

Diikuti oleh 180 siswa (i) dari berbagai SMA sederajat yang berada di Kabupaten Lampura, giat ini diisi oleh narasumber dari Pemerintah Daerah dihadiri oleh Asisten l, Kasubsi B Kejaksaan Negri (Kejari), Kasi Intel, Kapolres Lampura, AKBP Budiman Sulaksono, serta Dandim 0412.

Dalam acara tersebut, Renaldho selaku Kasubsi B Kejari Lampura menyampaikan bahwa hukum yang berlaku di Indonesia tidak pandang bulu, dan pihaknya akan menjalankan hukum sesuai dengan tindakan yang dilakukan. Ia juga menekankan pentingnya pemahaman tentang hukum bagi para siswa.

“Ini juga salah satu Kewenangan kita untuk memberikan penyuluhan hukum terhadap masyarakat maupun pelajar. Yang jelas pada intinya kenali hukum, jauhi hukuman.” kata Renaldho.

Di tempat yang sama, AKBP Budiman Sulaksono selaku Kapolres Lampura juga menyampaikan materi tentang problem dan bahaya Narkoba bagi masyarakat yang ada di Lampura.

“Narkoba merupakan barang terlarang dan berbahaya, banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat menggunakan Narkoba,” kata Budiman.

Budiman Sulaksono juga memberi tahu nomor telepon pribadinya kepada para siswa. Ia meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat menginformasikan apabila ada pengguna maupun pengedar narkoba baik di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah, sehingga pihak kepolisian dapat secepatnya melakukan tindakan.

“Jika ada pengedar atau pemakai narkoba di sekitar kita, segera hubungi kepolisian terdekat atau dapat juga menelpon saya langsung, nomor telepon saya aktif 24 Jam, marilah kita jauhi narkoba, jaga keluarga kita dari narkoba,” harapnya.

Editor: MAS