IBC, TERNATE – Merasa dirugikan dengan opini dugaan keterlibatan penggunaan narkoba yang dialamatkan kepadanya, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Maluku Utara Santarani Abusama melakukan tes urine secara transparan.

Kadis Perkim Malut Itu datang menggunakan mobil warna putih bersama supirnya langsung menuju ke tempat pemeriksaan di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara. Jalan Tugu Makugawene Puncak Kalumata, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara dan disaksikan petugas BNNP serta wartawan.

Santarani mengatakan bahwa ia merasa terganggu dengan opini dan isu yang coba dialamatkan kepadanya.

“Saya merasa terganggu juga ketika ada opini bahwa pejabat yang di duga sebagai pemakai narkoba.” kata Santarani. Selasa (30/7/2019).

Dirinya juga mengutarakan bahwa tuduhan kepada tidak benar maka ia akan melaporkan kepada pihak berwajib.

“Saya ingin sampaikan bahwa ini adalah privasi orang yang di lindungi Undang -Undang, nah sekarang cuma pembunuhan karakter tanpa dibuktikan, maka 1×24 jam saya akan melakukan tuntutan balik, karena menurut saya ini pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan,” tegas Santarani.

Lebih lanjut Santarani mengatakan tindakan yang dilakukan adalah bentuk keterbukaan kepada publik bahwa ia tidak terbukti menggunakan barang haram tersebut.

“Untuk membuktikan itu saya sengaja panggil kawan-kawan wartawan bahwa Santarani Abusama atau siapapun dia tidak seperti yang di wacanakan, Saya sangat kecam keras ada opini ini.” tegasnya lagi.

Masih kata Santarani tindakan tes ini ia lakukan sudah berulang dan bahkan secara kelebangaan juga sudah melakukan kerja sama dengan BNNP Malut.

“Tiga tahun yang lalu Disperkim Malut sudah kerja sama dengan BNNP Malut dan Mungkin di BNNP ini dinas pertama melakukan tes urin di semua pegawai dan saya perminggu sampai perbulan melakukan tes urine dan Saya juga mengusulkan semua pejabat di Maluku Utara tanpa terkecuali untuk lakukan tes urin secara transparan undangan semua wartawan untuk meliput.” cetusnya.

Bahkan Santarani juga meminta pada Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, untuk mengintruksikan kepada Walikota/bupati, Kepala Dinas, kepala Bidang, dan jajarannya untuk melakukan tes urine secara terbuka.

“Saya juga meminta kepada Gubernur Maluku Utara bahwa Kadis Perkim telah melakukan contoh, saya meminta untuk menginstruksikan kepada seluruh pejabat di Maluku Utara untuk tes urin bahkan sampai tes rambut juga untuk membuktikan mereka tidak terlibat Narkoba.” pintanya.

Baginya Disperkim sangat mendukung BNNP memberantas Narkoba di Provinsi Maluku Utara.

“Bagi saya narkoba sangat berbahaya dan narkoba adalah penjahat kemanusiaan,”tutup Santarani

Sementara itu Petugas BNNP Malut Master Umanailo yang memeriksan Santarani Abusama mengatakan hasil pemeriksaan atas nama Santarani Abusama Negatif Narkoba.

“Hasil pemeriksaan samua dinyatakan negatif mulai dari Sabu-Sabu, Kokain, Morfin, Ekstasi, dan Benso,” sebut Master Umanailo.

Editor : YES