IBC, TOLITOLI – Sesosok jasad bayi laki-laki ditemukan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kabinuang Kelurahan Baru Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Sulawesi Tengah, Selasa (30/7/2019).

Jasad bayi tersebut ditemukan oleh Ratna Anwar, seorang pemulung yang sedang mencari sampah plastik bekas. Ia kemudian melaporkan kepada warga, selanjutnya warga melaporkan kejadian tersebut kepihak yang berwajib.

Ketika dikonfirmasi pewarta Indonesia Berita, Kapolres Tolitoli AKBP Hendro Purwoko membenarkan hal tersebut.

“Ya benar itu, sekitar jam 11.30 WITA, jasad bayi tersebut ditemukan oleh Ratna Anwar seorang pemulung yang sedang mencari sampah plstik di TPA Kabinuang. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke pihak kepolisian. Kemudian dilakukan olah TKP, penyelidikan dan pulbaket siapa pembuang bayi tersebut,” kata Hendro Purwoko,

Ratna Anwar (tengah), pemulung yang menemukan pertama jasad bayi laki-laki di TPA Kabinuang Tolitoli, didampingi Kapolsek Baolan IPTU Army Casriyanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Nalu, Selasa (30/7/2019). Foto: Alam/ Indonesia Berita

Sementara itu Kapolsek Baolan Iptu Army Casriyanto yang juga berhasil dikonfirmasi menjelaskan, bahwa saat ditemukan kondisi mayat bayi lengkap dengan plasenta dan tali pusarnya dalam bungkusan plastik warna merah yang didalamnya dibungkus lagi dengan plastik warna hitam.

“Kronologisnya, kesehariannya Ratna Anwar bekerja sebagai pemulung pada TPA sampah di Kabinuang sedang mengais tumpukan sampah. melihat bungkusan plastik warna merah kemudian membuka bungkusan tersebut yang didalamnya terdapat bungkusan plastik warna hitam, setelah dibuka ternyata didalamnya ada sesosok diduga mayat bayi laki-laki lengkap dengan plasenta dan tali pusarnya. Kemudian ia memberitahukan kepada RT Kabinuang, Jamal Sadikin terkait temuan tersebut, selanjutnya ketua RT menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Nalu Bripka Resky perihal penemuan sesosok mayat bayi laki-laki di TPA sampah Kabinuang,” jelas Army.

Army juga mengatakan, saat ini jasad bayi tersebut berada RSU Mokopido Tolitoli untuk dilakukan visum et repertum guna penyelidikan lebih lanjut.

“Unit Reskrim Polsek Baolan juga sedang mengambil keterangan para saksi terkait penemuan Mayat Laki-laki di TPA Sampah Kabinuang Kabupaten Tolitoli. Bhabinkamtibmas bersama dengan para RW dan RT Kelurahan Panasakan sedang melaksanakan pendataan terhadap warga panasakan khususnya di rumah kost, proses penyelidikan masih sementara berjalan,” pungkasnya.

Editor: MAS