IBC, LAMPUNG UTARA – Dalam rangka penilaian Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Nasional, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mewakili Provinsi Lampung, setelah sebelumnya memenangkan lomba UKS tingkat kabupaten dan provinsi, tim penilai lomba dari pusat menilai langsung ke lokasi sekolah, Rabu (31/7/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Asisten l Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung, Wakil Bupati Lampura H. Budi Utomo, tim penilai dari pusat, PJ. Sekda, Kepala Dinas Kesehatan, SKPD, Ketua Darma Wanita, para camat, Kepala Sekolah SMA sederajat se-Lampura, serta tamu undangan.

Irwan Sihar Marpaung mewakili Gubernur Lampung, mengucapkan selamat kepada sekolah yang terpilih untuk mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional.

“Sekolah ini masuk dalam juara satu tingkat Provinsi Lampung, selamat berjuang dan mendapat juara satu tingkat nasional, yang perlu diingat kriteria dalam penilaian di setiap sekolah, baik tingkat SD, SMP, dan SMA, yang kita harapkan sekolah SMA Abung Semuli ini bisa memenangkan LSS, UKS tingkat Nasional.” katanya.

Pada kesempatan itu Irwan juga menyampaikan pesan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk tetap menjaga kondusifitas Lampura untuk Provinsi Lampung lebih berjaya.

“Mari kita menjaga persatuan dan kebersamaan kita dan tingkatkan prestasi sekolah yang ada, sehingga dapat menjadikan Provinsi Lampung lebih maju lagi, dalam membangun Provinsi Lampung dan mewujudkan Lampung berjaya,” kata Irwan Sihar Marpaung saat diwawancarai sejumlah awak media.

Sementara itu Agung Triwahyunto selaku ketua tim penilai mengaku, mendapatkan kejutan dengan menyaksikan penampilan Galuh yang dengan tuna netra dapat menunjukkan kemampuan dengan memainkan alat musik sambil bernyanyi.

“Pada penilaian ini, kita bisa melihat sekolah dengan keadaan bersih atau tidak, UKS itu untuk saat ini harus di implementasikan pada setiap sekolah,” ucap Agung.

Ia berharap, dengan adanya lomba UKS menjadi pemecut bagi tanga didik untuk bersungguh-sungguh dalam mendidik siswa.

“Untuk pendidikan saat ini adalah pendidikan berkarakter, agamis, dan berbudi pekerti, untuk setiap anak didik kita yang ada di sekolah, untuk dapat menjadi calon penerus bangsa yang lebih baik lagi. Di antara lomba UKS ini, kita mendapatkan tantangan dalam mendidik anak-anak kita, untuk kita semua dalam menghadapi dengan berbagai catatan, kita lihat ada anak-anak yang merokok, mudah-mudahan kita semua bisa merubah mereka (siswa -red) menjadi lebih baik lagi,” pungkas Agung.

Editor: MAS