IBC, JAKARTA – Kriteria Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selanjutnya di periode 2019-2024, menurut mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI), M. Agus Safar, tidak hanya mampu mengatur dan menjalankan regulasi dibidang pendidikan tinggi, melainkan juga harus menguasai riset dan teknologi dan memiliki inovasi dibidang teknologi serta punya kedekatan dengan mahasiswa.

“Saya kira setidaknya ada dua kriteria Menristrkdikti ke depan, yang pertama ia harus mampu menguasai dan punya inovasi dibidang teknologi, kedua menristek wajib dekat dengan mahasiswa,” ujar yang karib dipanggil Apang ini saat dimintai tanggapannya di Jakarta, Jumat, (2/7/2019).

Lanjut Apang, mendristekdikti tidak hanya mampu menjalankan dan mengeluarkan regulasi, tapi juga harus bisa ber inovasi dibidang teknologi serta dapat juga menterjemahkan apa yang jadi program atau visi Presiden Jokowi dibidang SDM.

Selain itu kata dia, Menristekdikti juga harus dekat dengan mahasiswa, yang bukan hanya keliling mengisi seremonial, “Ya idealnya Menristekdikti mutlak dekat dengan mahasiswa, sederhana alasannya, kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan tinggi mahasiswa harus dilibatkan sebelum aturan diberlakukan. Artinya mahasiswa wajib jadi bagian regulasi itu,” beber Kader HMI ini.

Selama ini ia menilai, banyak kebijakan menristekdikti yang tidak sesuai dengan kehidupan kampus, seperti halnya ketika kekritisan mahasiswa sering kali dibungkam oleh aturan-aturan.

Ia juga menambahkan, “apalagi sekarang ideologi Pancasila di kehidupan kampus semakin pudar, maka dari itu saya menegaskan menristekdikti wajib hukumnya dekat dengan mahasiswa, percuma juga bergelar Profesor kalau tidak memiliki kedekatan dengan mahasiswa,” imbuhnya.

“Ya supaya bisa dapat input dari mahasiswa seperti apa cara menekan, menghalau dan menghentikan pergerakan ideologi yang menjadi larangan negara,” pungkas Apang yang juga Mantan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara ini.

Penulis : FA

Editor : DR