IBC, JAKARTA – Gangguan gardu turbin listrik di Suralaya dan Cilegon berakhir dengan terjadinya pemadaman secara massal, sejak pukul 12.00 siang tadi sampai dengan 22.05 wib malam, yang justru berdampak fatal.

Beberapa saat setelah listrik menyala dan padam kembali, warga di kawasan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (4/8/2019) dihebohkan dengan kabar kebakaran dan salah seorang warga tersengat kabel listrik sekitar pukul 20.30 wib.

Berdasarkan pantauan pewarta Indonesia Berita di lokasi kejadian, ada beberapa petugas Damkar yang berusaha memadamkan api. Saat ditanya apa penyebabnya, para petugas Damkar belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Namun beberapa warga mengatakan penyebab kebakaran adalah pemadaman listrik sehingga warga harus menyalakan lilin sebagai penerangan dan lilin tersebut jatuh ke benda yang mudah terbakar.

Menurut informasi petugas pemadam, hingga berita ini dimuat sudah terdapat 6 rumah terbakar dan masih dalam penanganan petugas. Akibat kebakaran tersebut, kabel listrik ikut terbakar dan putus, hingga menyebabkan satu korban jiwa tersetrum. Belum diketahui pasti berapa jumlah kerugian materiil akibat kebakaran tersebut.

Tiang Listrik yang turut terbakar, Menteng Atas, Jakarta Selatan, Minggu (4/8/2019). Foto : RA/IB

Sementara itu, korban yang tersetrum langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Warga disekitar, mengungsi di posko pengungsian, di Mesjid Al-Bakrie, Mesjid Al-Falah, RPTRA dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) berdekatan dengan lokasi kejadian.

Untuk diketahui informasi tambahan, bahwa tersiar kabar yang membuat panik masyarakat di kawasan pemukiman Menteng Atas, adanya gardu listrik meledak. Warga dilarang memegang tiang listrik karena diduga masih terdapat tegangan listrik dari kabel yang putus dan terbakar.

Sayangnya saat pewarta ingin mengkonfirmasi hal tersebut, petugas PLN belum dapat ditemui, padahal mobil berlogo PLN sudah tiba di lokasi kejadian.

Laporan : RA

Editor : MJ