IBC, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PLN melakukan perbaikan dan evaluasi secepat-cepatnya atas kejadian gangguan listrik massal yang melanda Jakarta dan sebagian wilayah di Pulau Jawa pada Minggu, 4 Agustus 2019 kemarin.

“Saya tidak ingin hal seruoa terjadi lagi di kemudian hari.” tegas Presiden Jokowi saat dirinya menyambangi kantor pusat PT PLN (Persero) di Kebayoran Baru, Jakarta, Senin, (5/8/2019).

Peristiwa pemadaman total minggu kemarin dan dalam sebuah manajemen besar seperti PLN ini mestinya, menurut Jokowi, ada tata kelola risiko-risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contingency plan, ada backup plan.

“Pertanyaan saya, kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik?” ungkapnya dengan tegas.

Kepala Negara menambahkan saya tahu peristiwa seperti ini pernah kejadian di tahun 2002 17 tahun yang lalu, Jawa dan Bali.

“Mestinya itu bisa dipakai sebuah pelajaran kita bersama. Jangan sampai kejadian yang sudah pernah terjadi itu kembali terjadi lagi.” tambah Jokowi dengan tegas.

Menurut Jokowi kita tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN, tetapi juga banyak hal di luar PLN yang terutama konsumen sangat dirugikan seperti pelayanan transportasi umum misalnya MRT sangat berbahaya sekali.

“Tolong disampaikan yang simpel-simpel saja. Kemudian kalau memang ada hal-hal yang kurang blak-blakan saja sehingga bisa diselesaikan masalah dan tidak terjadi untuk masa-masa yang akan datang.” pintanya.

Jokowi menekankan apakah tidak dihitung, apakah tidak dikalkulasi bahwa akan ada kejadian-kejadian sehingga kita tahu sebelumnya.

“Bapak/Ibu semuanya ini kan orang pintar-pintar apalagi urusan listrik sudah bertahun-tahun,. Kalau tahu-tahu drop gitu artinya pekerjaan-pekerjaan yang ada tidak dihitung, tidak dikalkulasi dan itu betul-betul merugikan kita semuanya.” tekannya.

Dengan tegas Jokowi menyampaikan yang paling penting perbaiki secepat-cepatnya yang memang dari beberapa wilayah yang belum hidup segera dikejar dengan cara apapun agar segera bisa hidup kembali.

“Sekali lagi saya ulang jangan sampai kejadian lagi. Itu saja permintaan saya.” pungkasnya dengan tegas.

Penulis : Fitra

Editor : YES