IBC, TOLITOLI – Pelatihan Vocasional pada daerah tertinggal tahun 2019 digelar di Tolitoli selama 3 hari yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada dari 10 kecamatan se-Kabupaten Tolitoli.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi Budding pada Senin (5/8/2019) pagi di Meeting Room Lantai II Hotel Bumi Harapan Tolitoli.

Wakil Bupati Tolitoli H. Abdul Rahman Hi. Budding dalam kesempatan tersebut mengatakan pelatihan vokasional pada daerah tertinggal ini, sangat diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi pelaku UMKM.

“Sehingga berdampak pada ketersediaan lapangan kerja yang pada gilirannya turut mendongkrak perekonomian daerah.” kata Rahman (5/8/2019).

Abdul Rahman menjelaskan, kondisi geografis Kabupaten Tolitoli, sangat prospektif bagi UMKM dalam mengolah makanan berbahan dasar ikan yang perlu terus dibina dan dikembangkan oleh perangkat daerah terkait.

Peserta pelatihan pelaku UMKM di 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli, Senin (5/8/2019). Foto : Datra

“Hal ini sangat beralasan, karena potensi perikanan Kabupaten Tolitoli terbilang cukup besar sehingga pemanfaatannya memerlukan penanganan yang benar, agar nilai jualnya bisa bersaing di pasaran. oleh karenanya, penanganan yang baik dan benar tersebut, memerlukan tingkat pengetahuan yang tinggi dari para pelaku usahanya.” jelasnya.

Dikatakannya, pelatihan vokasional ini, merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk melatih dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil agar dapat mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi produk menarik yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha.

“Dengan bergeliatnya UMKM, otomatis mampu menyerap lapangan kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran di daerah tercinta ini.” ucap Rahman.

Selain mendapat materi pelatihan berbagai teknik mengolah ikan untuk menjadi produk olahan yang  dapat dijual, peserta juga diberikan piagam/sertifikat yang nantinya menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan peralatan dan modal usaha.

Acara pembukaan pelatihan vokasional itu dihadiri oleh Pejabat Kementerian Koperasi UMKM Pusat Ginda Siregar, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Lukman Abdullah serta sejumlah pejabat Daerah Kabupaten Tolitoli.

Dalam.kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding secara simbolis mengalungkan kartu peserta kepada Moh. Amin, peserta utusan dari Sentra UKM Sambal Ikan Tembang Desa Malala Kecamatan Dondo dan Dwi Yanti peserta utusan dari Sentra UKM Aneka Keripik Ikan dari Desa Laulalang Kecamatan Tolitoli Utara.

Editor : MAS