IBC,TERNATE – Pengurus Wilayah Nahdlatul ‘Ulama (PWNU) Maluku Utara dan Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Malut, Jumat (9/8/2019) berhasil menyalurkan 7 ekor Sapi Qurban di dua Kabupaten/Kota yakni kota Ternate dan Halmahera Selatan.

Ketua IKA PMII Malut Asmar Bani mengatakan qurban adalah salah satu ibadah dalam Islam yang mendekatkan diri dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Qurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi, kerbau dan kambing yang disembelih pada  hari raya Idhul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.” tutur Asmar saat ditemui Indonesia Berita usai menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat Kelurahan Togolobe, Kecamatan Pulau Hiri.

Selanjutnya Dosen Muda Universitas Khairun itu menjelaskan dalam melakukan ibadah qurban juga memiliki 3 (tiga) makna yang bisa dipetik

“Yang pertama sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagai insan manusia kita diajarkan untuk menyerahkan segalanya kepada sang pencipta, hal ini telah dicontohkan Nabi Ibrahim yang telah menyerahkan serta mengiklhaskan putranya sendiri Nabi Ismail A.S yang sangat dicintai tetapi karena itu adalah perintah Allah SWT Nabi Ibrahim ikhlas untuk mengkurbankannya, hal ini tentu sebagai wujud penyerahan diri atas segalanya kepada Allah SWT.” terang Asmar.

Dirinya menambahkan yang kedua adalah bisa saling membantu sesama kaum muslimin di Maluku Utara.

“Yang kedua adalah berbagi kepada mukmin lain yang kurang mampu, ibadah qurban memang ibadah yang memiliki nilai sosial yang tinggi. Dengan adanya ibadah qurban ini, kaum muslim yang kurang mampu juga bisa memakan daging potongan hewan qurban tersebut.” tambah Asmar.

Kemudian yang ketiga menurut Asmar dengan berqurban dapat mengindari dari sikap tidak terpuji.

“Berkurban mengajarkan tentang keiklhasan, untuk mengorbankan harta yang di miliki untuk dibelikan hewan kurban dan di potong agar dapat dibagikan kepada sesama hal ini bertujuan agar kita lepas dari sifat tamak, rakus dan cinta duniawi,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Qurban PWNU dan IKA PMII Maluku Utara Jainal Yusup mengatakan pemberian hewan qurban ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idhul Adha 1440 H/2019 M.

“Nadhlatul Ulama (NU) Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Ikatan alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) provinsi Maluku Utara akan menyalurkan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi. Hasil ini di kumpulkan melalui keluarga besar NU dan Alumni PMII Maluku Utara serta sedekah dari Bapak dan Ibu yang mau berkorban pada hari raya Idul Adha 1440 H tahun 2019 lewat NU Malut dan Ika PMII Malut.” ungkap Jainul.

Tidak hanya itu Jainul mengatakan dari 7 ekor sapi itu disalurkan di dua daerah yakni Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Selatan.

“Untuk Kota Ternate, 1 ekor sapi disalurkan di Masjid Kelurahan Togolobe, Kecamatan Pulau Hiri, 1 ekor sapi disalurkan di Masjid belakang Kampus Unkhair Kelurahan Akehuda Ternate Utara, dan 1 ekor sapi di Masjid kelurahan Tanah dekat Graha IKA PMII Maluku Utara, serta 1 ekor sapi disalurkan di Masjid Jati Metro, sementara untuk penyaluran hewan kurban di Halmahera Selatan: 1 ekor sapi disalurkan di MTs Al-Ma’rif Wailoa Halsel, dan 2 ekor sapi di Bacan lokasi gempa yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk penyaluran hewan kurban di Bacan telah diserahkan langsung Ketua NU provinsi Maluku Utara Hi. Sarbin Sehe beberapa waktu lalu.” jelas Dosen Muda Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Khairun itu.

Ia berharap apa yang dikerjakan oleh PWNU Malut dan IKA PMII Malut bermanfaat untuk masyarakat dan bernilai ibadah.

“Semoga ini bernilai dan bermanfaat bagi umat dan bernilai ibadah, dan bantuan Bapak dan Ibu mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT.” tutup Jainul.

Untuk diketahui, penyerahan hewan qurban langsung dilakukan oleh Ketua NU Kota Ternate Dr. Adnan Mahmud dan Ketua IKA PMII Asmar Bani serta Ketua lembaga Pendidikan Ma’Arif NU Malut Jisman Majid.

Editor : YES