IBC, TOLITOLI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 tahun 2019 di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah dilaksanakan dalam suatu Upacara yang dipimpin oleh Asisten Sekertaris Daerah Bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa mewakili Bupati Tolitoli, bertempat di Desa Salugan Kecamatan Lampasio, Rabu (14/8/2019).

Turut hadir dalam Upacara tersebut, Camat Lampasio Sudirman, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Lampasio, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lampasio, para Pejabat Tingkat Kecamatan Lampasio, sejumlah Kepala Desa, Para Kepala Sekolah, para Pembina Gerakan Pramuka, tokoh masyarakat dan seluruh peserta kemah lomba keterampilan Pramuka Penggalang.

Ketua Panitia penyelenggara Sahdan, mengatakan bahwa Upacara HUT Pramuka ini dirangkaikan dengan kegiatan Kemah Lomba Keterampilan bagi Pramuka Penggalang (LKPP) yang bertujuan sebagai ajang pertemuan antara Pramuka Penggalang se Kecamatan Lampasio kabupaten Tolitoli.

“Sekaligus sebagai wahana untuk memupuk tali persaudaraan antara anggota Pramuka. untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan kelompok Pramuka Penggalang se Kecamatan Lampasio.” ujar Sahdan.

Selanjutnya Sahdan menjelaskan LKPP 2019 yang berlangsung hingga tanggal 17 Agustus 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 473 orang.

Para anggota Pramuka Penggalang mengikuti LKPP yang bertempat di Desa Salugan Kecamatan Lampasio, Rabu (14/8/2019). Foto : Datra Hasan

“Peserta terdiri dari penggalang atau peserta SD sederajat, peserta penggalang atau peserta SMP sederajat, Pembina, pendamping dan panitia pelaksana atau sangga kerja.” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Sekertaris Daerah Bidang Penerintahan Anhar Dg. Mallawa, mengatakan kegiatan kepramukaan ini sangatlah mulia, karena mendidik generasi muda zaman sekarang ke hal-hal positif melalui dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

“Dengan demikian, maka akan diperoleh anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. kegiatan kepramukaan akan menjadikan manusia memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna serta bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.” kata Anhar dalam sambutannya yang mewakili Bupati Tolitoli.

Kepada segenap anggota gerakan pramuka, Anhar berpesan untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka, mengisi waktu muda dengan kegiatan yang positif dan produktif.

“Sebab Bupati merasa yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung.” pesannya.

Editor : MAS