IBC, MEDAN – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Sumut Tahun 2019 berlangsung di Kota Medan, Rabu-Kamis (14-15/08/2019).

Wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains ini, diikuti ratusan peserta, mereka datang dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Ketua Panitia, Nursyamsiah, MA menyampaikan sebanyak 314 siswa/siswi madrasah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sumatera Utara 2019 yang juga merupakan seleksi duta Sumut KSM tingkat nasional di Manado, September 2019 mendatang.

Pembukaan yang dilaksanakan di Asrama Haji Medan ini, nantinya akan berlangsung mulai tanggal 14-15 Agustus 2019. Untuk tes kompetisi jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan dilaksanakan di MTSN 2 Medan, tes kompetisi jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTS) di MAN 1 Medan. Sedangkan, tes jenjang Madrasah Aliyah (MA) di MAN 2 Model.

“Pesertanya yang mengikuti KSM ini, MI 60 peserta se-Sumut, MTS 92 peserta se-Sumut dan MA 162 peserta se-Sumut.” ungkap Kasi Kesiswaan kanwil Kemenag sumut dan sebagai Ketua Panitia , Nursyamsiah, Rabu (14/8/2019).

Dia melanjutkan, nantinya mata pelajaran yang di kompetisikan di antaranya, IPA dan Matematika tingkat MI.

“Matematika, IPA dan IPS terpadu terintegrasi nilai ke-Islaman tingkat MTS, serta Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi yang terintegrasi nilai ke-Islaman tingkat MA.” lanjut Nursyamsiah.

Sementara itu, Konsultan Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) Sumatera Utara, Paula Dewi Agustin mengatakan KSM juga memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, serta menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi.

“KSM memiliki karakter integrasi antara sains dan Islam menuju madrasah hebat bermartabat,” tegas Paula

Penulis : Tison Sembiring

Editor : MAS