IBC, LANGSA – Kodim 0104/Aceh Timur bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Langsa, melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan PTPN-I Kebun Baru, Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Jum’at (16/8/2019).

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari tersebut, merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-74.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Walikota Langsa H. Marzuki Hamid, sedangkan Komandan Upacara dijabat oleh Pama Kodim 0104/Atim Letda Inf Ibrahim dan sebagai Perwira Upacara Pasipers Kapten Inf Alfani. Sementara para peserta upacara terdiri dari satu SST Yonif Raider Khusus 111/KB, satu SST Kodim 0104/Aceh Timur, satu SST Subden 2 Brimob Aramiah, satu SST Polres Langsa, satu SST FKPPI Kota Langsa, satu SST Polhut Kota Langsa, satu SST Perwira Kodim 0104 / Atim dan Perwira Polres Langsa, serta satu SST rombongan Forkopimda Kota Langsa.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada para arwah pahlawan, kemudian peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan penaburan bunga bersama unsur Forkopimda Kota Langsa, serta diakhiri dengan doa yang dibawakan oleh Sertu Nurdin Manurung.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis melalui Pasipers Kapten Inf Alfani di sela kegiatan tersebut mengatakan bahwa ziarah merupakan suatu penghormatan terhadap para pahlawan kita yang telah gugur dalam rangka merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

“Kita sebagai rakyat Indonesia tidak boleh melupakan jasa-jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan terhadap bangsa Indonesia. Mari kita mengisi kemerdekaan ini agar sesuai yang dicita-citakan para pahlawan kita yaitu menjadikan bangsa Indonesia hidup damai, aman, tentram, hidup makmur dan sejahtera,” pesannya.

Tampak oleh awak media hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, Kajari Langsa Ikhwan Nulhakim, Wakil Ketua II DPRK Langsa Faisal, Ketua Mahkamah Syariah Langsa Yedi Suparman, Danpos Lanal Kuala Langsa Letda Laut (P) Heri Kuswanto, Jajaran kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemko Langsa dan Kabupaten Atim, Tamu dan undangan.

Penulis: IQBAL

Editor: MAS