IBC, TALAUD – Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 74 Tahun di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

Ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA/ SMK, serta perwakilan dari Polres Talaud dan Kodim 1312 Talaud, ikut memeriahkan malam tabtu (pawai obor – red) bersama dan berkonvoi dengan jalan kaki di pusat Kota Melonguane.

Pantauan Indonesia Berita para peserta pawai obor ini, mulai berkumpul di Lapangan Sangkundiman Melonguane sejak pukul 17.00 Wita.

Usai mengikuti upacara di Lapangan Sangkundiman Melonguane, Jumat (16/8/2019) sore, ratusan peserta pawai obor ini dilepas secara resmi oleh Kepala Staff Kodim 1312/Talaud, Mayor (Inf) Sigfried W. Panaha yang bertindak selaku inspektur upacara (irup) dalam kegiatan tersebut.

Peserta pawai obor saat dilepas di Lapangan Sangkundiman Melonguane. Foto: Melky Zedeck/Indonesia Berita

Pelepasan peserta pawai obor terlebih dahulu ditandai dengan pemasangan obor dari beberapa perwakilan pelajar, selanjutnya pemasangan obor dilakukan secara menyeluruh oleh seluruh peserta yang hadir.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, peserta pawai obor ini saya lepas secara resmi. Kepada adik-adik, selama diperjalanan tetap perhatikan faktor keselamatan dan mengikuti arahan dari pendampingnya,” ucap Panaha, saat melepas peserta pawai obor tersebut.

Dengan mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI, para peserta ini berjalan kaki dari Lapangan Sangkundiman, menuju arah jalan poros Melonguane – Beo, perempatan pos Polisi (kompleks Kejaksaan Negeri Melonguane), Polsek Melonguane, lalu mengarah ke pasar lama Melonguane, melewati perempatan Bank Dana Raya dan finish di Lapangan Sangkundiman.

Selama di perjalanan, para peserta ini dengan semangat menyanyikan lagu – lagu nasional dan begitu antusias.

Peserta Pawai Obor meriahkan HUT RI ke-74 Tahun di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (16/8/2019). Foto: Melky Zedeck/Indonesia Berita

“NKRI harga mati, NKRI harga mati… Merdeka.. Merdeka..!!!” teriak peserta saat pawai obor berlangsung.

Acara ini kemudian ditutup dengan berdoa bersama. Usai acara, semua peserta langsung membubarkan diri. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat eselon II, III, IV di lingkup Pemkab Talaud, Palaksa Lanal Melonguane, Mayor Laut (KH) Ramadhan, Ketua Pengadilan Negeri Melonguane, Yulius C. Handratmo, serta para pejabat TNI – Polri dan undangan lainnya.

Penulis : Melky Zedeck

Editor : MAS