IBC,  CIANJUR – Momentum HUT ke-74 RI dimanfaatkan oleh komunitas Gandeng Tangan Yook untuk mengunjungi Kampung Pasir Muncang Desa Sukakerta Kecamatan Kadupandak, Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (17/8/2019).

Koordinator Gandeng Tangan Yook Efrizan kepada Indonesia Berita menjelaskan,  kehadiran pihaknya ke Kampung Pasir Muncang adalah untuk berjumpa dengan anak-anak PAUD Mawadda dan Mutiara Bunda. Agenda ini telah direncanakan dua bulan sebelumnya bersama pihak pengelola.

“Tujuaannya untuk memberikan bantuan berupa alat peraga edukasi, perlengkapan sekolah dan membangun mental positif kepada guru, orang tua murid dan siswa,” katanya.

Pada kesempatan itu,  Gandeng Tangan Yook melakukan parenting session untuk orang tua murid dan cara ajar efektif bagi para guru. Sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari guru, orang tua murid, dan siswa mengikuti pelatihan singkat sebagai pengantar materi dasar.

“Pelatihan ini dikemas lewat permainan-permainan mental dan diikuti oleh semua peserta. Antara lain bagaimana kekuatan kata bisa direaksi langsung oleh fisik peserta. Ini untuk mendemonstrasikan betapa kita wajib untuk mengatakan hal-hal positif. Apa yang kita katakan, itu yang nanti dialami,” jabar Efrizan.

Lebih lanjut Efrizan menerangkan, materi pelatihan tersebut disupport para psikolog, Neuro Linguistic Programming (NLP) dan pakar terkait lainnya. Sedangkan dalam pelaksanaannya Gandeng Tangan Yook bekerjasama dengan MAPAN Indonesia dan Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT).

“Hal seperti ini sangat tidak mungkin kami lakukan sendiri. Kalau sendiri maka hasilnya tidak akan maksimal. Jadi kami terbuka bagi siapa saja yang mau terlibat dalam gerakan ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Yayu Fuji selaku pengelola PAUD Mawadda mengaku senang dengan adanya kunjungan dari Gandeng Tangan Yook.

“Alhamdulillah, bahagia, bersyukur ini pertama kalinya kami mengadakan kegiatan 17 Agustus. Ada aktifis relawan juga yang mau membantu. Senang, tadinya sampai nggak bisa ngomong,” akunya.

Yayu menuturkan, selain bantuan berupa alat peraga, pelatihan singkat yang diantarkan oleh Efrizan dan kawan-kawannya merupakan hadiah kemerdekaan yang sangat berarti bagi perkembangan PAUD Mawadda.

Tidak hanya itu, Yayu juga berharap kondisi lain yang memprihatinkan terkait fasiltas segera mendapat perhatian kusus dari pemerintah. “Mudah-mudahan tahun depan bisa dapat gedung. Kalau saat ini,  kami masih memakai bangunan Posyandu. Harapannya hal ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah,” harapnya.

Hal senada juga diucapkan Ketua Himpunan PAUD Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Kadupandak, Barkah yang juga menghadiri kegiatan. Ia merasa bersyukur dan berterimakasih atas keterlibatan Ganden Tangan Yook untuk mendampingi PAUD di daerah pelosok seperti Kadupandak.

Barkah menginginkan, pendampingan seperti ini terus dilakukan. Tidak hanya di Kampung Pasir Muncang melainkan di seluruh Kecamatan Kadupandak bekerja sama dengan Himpaudi setempat.

“Dengan adanya acara seperti ini yang intens maka harapannya kami dapat menggali potensi yang ada di Kadupandak. Adanya suport dari Gandeng Tangan Yook, kami juga bisa selangkah lebih maju. Mereka ini adalah orang-orang hebat, maka mudah-mudahan dapat membantu kekurangan-kekurangan dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini di Kecamatan Kadupandak,” ujarnya.

Barkah menyebutkan, sejauh ini tercatat ada sekitar 37 lembaga PAUD yang telah didirikan di Kecamatan Kadupandak. Dari jumlah yang ada baru 32 lembaga yang memiliki izin operasional dan 25 lembaga yang tersentuh Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

“Alhamdulillah untuk PAUD Mawaddah sendiri kami lihat sudah terdaftar dan pembelajarannya berjalan. Namun belum mendapatkan BOP, mungkin permasalahannya ada pada dapodik (Data Pokok Pendidikan),” terangnya.

Untuk itu Barkah menyampaikan, pihaknya akan terus memperjuangkan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan usia dini utamanya kesejahteraan tenaga pendidik. “Kami dari Himpaudi akan senantiasa berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan pengajar,” katanya.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Himpaudi akan melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) bagi para tenaga didik PAUD di Kadupandak.  Dalam perencanaannya, Himpaudi akan bekerjasama dengan Gandeng Tangan Yook.

Penulis: M. Safar

Editor: YES