IBC, JAKARTA – Banyak sosok wanita hebat di Indonesia, seperti Ibu Kartini, Ibu Sri Mulyani, Ibu Susi Pujiastuti, Ibu Retno Marsudi dan juga tak ketinggalan dari Kepolisian Republik Indonesia sebut saja ada Brigjen Pol Sri Handayani, Brigjen Pol Ida Utari dan Brigjen Pol Juansih. Wanita-wanita tersebut diharapkan dapat menjadi menginsipirasi wanita Indonesia untuk berprestasi.

Inspirasi tersebut, setidaknya menjadi semangat bagi wanita lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPPS) Angkatan 2017, Ipda Avina Waliyanri, B.Com untuk menjadi bagian wanita inspirasi yang berprestasi.

Baru-baru ini Avina ditunjuk Mabes Polri setelah menjalani seleksi ketat, baik lisan dan tertulis untuk menjadi LO menyelam di Manado, Sulawesi Utara, dan mendampingi Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI), Nyonya Tri Tito Karnavian.

Kegiatan menyelam yang dihadiri juga oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, tersebut tidaklah sia-sia, sebab menurut informasi yang dihimpun oleh redaksi bahwa kegiatan itu menghasilkan sertifikat Guinnes World Records atau memecahkan record dunia ‘Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air’.

Polwan asal kelahiran Jakarta dari orang tua asal Kota Palembang ini tak tanggung-tanggung, ia menguasai tiga bahasa asing sekaligus, Inggris, Jerman dan Jepang, tak heran kemampuannya digunakan oleh Polri sebagai penerjemah pertemuan-pertemuan internasional.

Begitu juga dengan prestasinya lainnya, anak dari pasangan bapak Zainuri Abunawar dan Ibu Nancy Kusbayanti yang menjabat sebagai Wakil Duta Besar Indonesia untuk Kanada ini juga, menguasai seni tari dari berbagai daerah seperti Bali, Kalimantan dan tentunya asal kota kelahiran kedua orangtuanya.

Sejak kecil Avina sudah sering keliling dunia mendampingi ibundanya sebagai Diplomat, hal itu terlihat dari profilnya yang bersekolah di TK Canberra Australia, Sekolah Dasarnya di Berlin, Jerman, Sekolah Menengah Pertama di Jakarta, Sekolah Menengah Umum di Ottawa, Kanada dan tamat di perguruan tinggi di Carleton University Ottawa, dengan jurusan Commerce.

Selain itu Avina tidak hanya menterjemahkan acara WASI di Manado, ia juga pernah berpidato mewakili Polisi Wanita Indonesia tentang masalah Polwan di Hanoi, Vietnam beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulilah ini semua berkat dukungan keluarga dan doa kedua orang tua serta kerabat-kerabat terdekat, tanpa mereka saya bukanlah apa-apa,” ujarnya merendah kepada redaksi Indonesia Berita, di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Avina yang sekarang bertugas di Divisi Hubungan Internasional, Bagian Interpol Mabes Polri ini juga akan ditugaskan kembali, mewakili Polisi Wanita Indonesia ke Canada, dalam rangka Indonesia festival di beberapa kota di Canada mendampingi tim darma wanita polda Bali.

Editor : DR